kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Barisan Emiten Ini Menggelar Stock Split, Simak Prospek & Rekomendasi Sahamnya


Jumat, 10 Mei 2024 / 15:18 WIB
Barisan Emiten Ini Menggelar Stock Split, Simak Prospek & Rekomendasi Sahamnya
ILUSTRASI. Sederet emiten siap menggelar aksi pemecahan nilai nominal saham alias stock split.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sederet emiten siap menggelar aksi pemecahan nilai nominal saham alias stock split. Setidaknya sudah ada delapan emiten yang mengumumkan penyelenggaraan stock split pada tahun ini. Sebagian emiten masih menunggu persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Emiten yang belum lama ini mengumumkan rencana stock split adalah PT Indospring Tbk (INDS). Perusahaan yang bergerak di bidang industri suku cadang kendaraan ini akan melakukan pemecahan saham dengan rasio 1:10. INDS akan menggelar RUPS pada 12 Juni 2024.

Sebelumnya, ada PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) yang lebih dulu membuka rencana stock split. Emiten yang bergelut di bisnis barang plastik kemasan ini akan memecah saham dengan rasio 1:4. PBID segera menggelar RUPS pada Senin, 13 Mei 2024.

Emiten lain yang menggelar stock split adalah PT Pudjiadi Prestige Tbk (PUDP) dengan rasio pemecahan saham 1:2, PT Jembo Cable Company Tbk (JECC) dengan rasio 1:5, PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk (BPII) dengan rasio 1:20, PT Asuransi Ramayana Tbk (ASRM) dengan rasio 1:4.

Kemudian ada PT Supreme Cable Manufacturing & Commerce Tbk (SCCO) dengan rasio 1:4, dan PT Tembaga Mulia Semanan Tbk (TBMS) dengan rasio pemecahan saham 1:2. Aksi korporasi ini merupakan upaya emiten dalam mendongkrak likuiditas saham.

Baca Juga: Indospring (INDS) Akan Stock Split Dengan Rasio Pemecahan Saham 1:10

Sebagaimana manajemen PBID yang mengungkapkan dua tujuan utama aksi stock split dalam keterbukaan informasinya. Pertama, meningkatkan likuiditas saham dengan memperluas basis investor. Kedua, dengan harga saham yang lebih terjangkau bagi investor ritel, diharapkan akan meningkatkan jumlah investor yang dapat melakukan transaksi.

Head of Equities Investment Berdikari Manajemen Investasi Agung Ramadoni mengamati stock split memberikan sinyal bahwa emiten masih optimistis terhadap prospek kinerja bisnisnya. Di sisi lain, aksi ini memberikan kesempatan kepada investor khususnya ritel untuk bisa membeli saham dengan harga lebih terjangkau di pasar.

"Walaupun terbatas, secara umum aksi stock split biasanya berdampak positif kepada harga saham di pasar reguler," kata Agung saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (10/5).

Kepala Riset Aldiracita Sekuritas Agus Pramono mengamini stock split juga menjadi aksi korporasi yang menunjukkan keyakinan manajemen terhadap prospek emiten. Hanya saja, Agus mengingatkan bahwa stock split tidak memberikan dampak terhadap fundamental emiten tersebut.

Baca Juga: Sekar Laut (SKLT) Akan Bagikan Dividen Rp 31,11 Miliar, Intip Jadwalnya

Dus, Agus menyarankan agar tetap selektif, karena bisa saja ada emiten yang menggelar stock split hanya agar nilai nomimal atau harga per lembar sahamnya turun sehingga lebih likuid. "Walaupun soal likuiditas ini tidak selalu terwujud," ungkap Agus.

Pengamat Pasar Modal & Founder WH-Project William Hartanto menambahkan, seberapa signifikan stock split menambah likuiditas saham akan tetap tergantung dari daya tarik emiten tersebut. Jika kurang menarik secara fundamental, prospek bisnis maupun momentum teknikal sahamnya, maka aksi ini tidak memberi dorongan berarti.

Apalagi stock split juga cenderung tidak mengubah drastis momentum atau tren pergerakan saham. "Stock split belum tentu memberi efek, kalau dari sahamnya sendiri nggak ada daya tarik. (Dampak) positif atau negatif, tergantung tren sebelum stock split. Kalau tren naik, setelah split tetap naik, berlaku sebaliknya," terang William. 

William pun mengingatkan momentum teknikal tetap menjadi faktor penting yang mesti dicermati. Sehingga strategi yang bisa dilakukan adalah trading buy pada saham dalam tren naik dan wait and see apabila sedang turun.

Baca Juga: Perketat Aturan, Kini BEI Punya Kuasa Batalkan Rencana Stock Split Emiten

Saham yang layak buy antara lain ada PBID, sedangkan wait and see bisa dilakukan pada saham INDS dan JECC. Sementara Agung melirik saham INDS, SCCO, dan BPII.

Secara teknikal, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana merekomendasikan buy on weakness INDS dengan mencermati support di Rp 2.180, resistance Rp 2.450 untuk target harga Rp 2.600 - Rp 2.700. Kemudian sell on strength PBID dengan mencermati support Rp 1.630 dan resistance di Rp 1.700. 

Rekomendasi lainnya, Herditya menyematkan speculative buy terhadap saham ASRM dan BPII, trading buy untuk saham JECC, serta wait and see terhadap saham SCCO dan PUDP. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×