kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat berfluktuasi, begini proyeksi pergerakan IHSG besok


Senin, 07 Juni 2021 / 19:59 WIB
Sempat berfluktuasi, begini proyeksi pergerakan IHSG besok
ILUSTRASI. Pada penutupan perdagangan saham, Senin (7/6), IHSG menguat 0,08% ke 6.069,93.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berfluktuasi jelang penutupan perdagangan. Dibuka menguat, IHSG sempat turun sekitar setengah jam sebelum turun pasar dan berakhir di zona hijau. Pada penutupan perdagangan saham, Senin (7/6), IHSG menguat 0,08% ke 6.069,93.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas, Okie Setya Ardiastama menjelaskan, fluktuasi IHSG pada hari ini seiring dengan pergerakan pasar saham Asia. Rilis data dari China yang belum sesuai ekspektasi menurunkan optimisme para pelaku pasar.

Untuk besok, Okie menilai IHSG berpotensi dalam fase konsolidasi. Pelaku pasar akan mencermati rilis data neraca perdagangan Amerika pada esok hari dan neraca perdagangan China yang berada di bawah ekspektasi.

Naiknya impor China sebesar 51% turut meningkatkan kepercayaan diri pelaku pasar terhadap membaiknya produktivitas dan aktivitas dari China. "Sehingga diharapkan hal tersebut dapat berdampak pada pertumbuhan ekspor negara mitra dagangnya termasuk Indonesia," ujar Okie kepada kontan.co.id, Senin (7/6).

Baca Juga: IHSG naik ke 6.069 pada Senin (7/6), net buy asing Rp 124 miliar

Sementara itu, investor akan mencermati rilis cadangan devisa Indonesia bulan Mei yang diproyeksikan masih dapat lebih tinggi dari bulan April. Karena itu, Pilarmas Investindo memproyeksikan IHSG akan bergerak pada rentang 6.043-6.103 pada esok hari.

Senada, analis Phillip Sekuritas Indonesia, Helen menuturkan IHSG yang bergerak sideways dan ditutup naik tipis pada level 0,08% dipengaruhi oleh Wallstreet pada Jumat lalu. Kemdian, rilis data ekonomi China yang mana ekspor tumbuh sebesar 27,9% di bulan Mei atau lebih rendah dibandingkan konsensus 32,1%.

Untuk besok, Helen memprediksi IHSG akan bergerak pada rentang 6.050-6.088 dengan kecenderungan melemah. IHSG rawan profit taking lantaran kenaikan yang cukup signifikan pada pekan lalu. "Untuk pekan ini dari dalam negeri ada rilis data cadangan devisa serta penjualan ritel," sambung Helen.

Phillip Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang dapat dicermati pada esok hari yaitu BBRI, BBNI, MIKA, dan BBTN. Sementara, Okie merekomendasikan BBCA, SMGR, dan MIKA.

Baca Juga: Gaji ke-13 dongkrak daya beli, saham-saham ini bisa dicermati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×