kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Tegaskan Peringkat idAA- Obligasi dan Sukuk Bumi Serpong Damai (BSDE)


Jumat, 08 April 2022 / 16:34 WIB
Pefindo Tegaskan Peringkat idAA- Obligasi dan Sukuk Bumi Serpong Damai (BSDE)
ILUSTRASI. Pembangunan perumahan milik PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAA- untuk rencana Obligasi Berkelanjutan III/2022 dan Sukuk Ijarah tahun 2022 milik PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) dengan prospek stabil.

Pefindo menerangkan obligor dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan. Peringkat tersebut, lanjut Pefindo, mencerminkan obligor memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya.

Sementara itu, tanda kurang pada peringkat yang disematkan ke BSDE menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

Baca Juga: Bumi Serpong Damai (BSDE) Terbitkan Obligasi dan Sukuk Rp 1 Triliun

"Peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis BSDE yang sangat kuat di industri properti, produk properti yang beragam dan cakupan area yang luas, serta likuiditas yang kuat," papar Pefindo dalam keterangannya, Jumat (8/4).

Adapun faktor-faktor yang membatasi peringkat adalah melemahnya profil keuangan dengan risiko terkait konstruksi jalan tol Serpong-Balaraja dan tingginya ketergantungan pada penjualan properti, yang sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi makro.

 

Meksi begitu, Pefindo menjelaskan peringkat dapat dinaikkan jika konsisten mencapai target pertumbuhan pendapatan dari ekspansi bisnisnya dan mengadopsi leverage keuangan yang lebih konservatif

"Peringkat dapat diturunkan jika pendapatan dan/atau EBITDA yang dicapai perusahaan lebih rendah dari target secara signifikan dan/atau leverage keuangannya menjadi lebih agresif karena ekspansi yang didanai utang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×