kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Pefindo : Rating reksadana sepi peminat


Jumat, 10 Januari 2014 / 17:50 WIB
Pefindo : Rating reksadana sepi peminat
ILUSTRASI. Pergerakan IHSG selama pekan ini dipengaruhi oleh beberapa rilis data baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Minat investor maupun perusahaan manajemen aset untuk melakukan peringkat reksadana di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini dikemukakan salah satu pemeringkat efek Indonesia, Pefindo. Sejak tahun 2012 lalu, Pefindo mengaku, pihaknya tidak mendapat permintaan dari MI untuk menyematkan peringkat untuk produk reksadana.

"Pefindo terakhir kali melakukan rating reksadana pada 2011 lalu," ucap Hendro Utomo, Vice President Financial Instituion Ratings Pefindo. Dua MI yang ditanganinya saat itu adalah produk dari Dana Reksa Aset Manajemen dan Batavia. Namun, akhirnya kedua MI tak melanjutkan kembali.

Salah satu alasan yang menyebabkan rating reksadana sepi peminat, ucap Hendro, karena tidak adanya regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan Manajemen Investasi (MI) untuk peringkat reksadana. Padahal, di beberapa negara lain, rating reksadana sudah wajib diterapkan. "Di India, pemeringkat reksadana cukup aktif. Sementara di Indonesia belum," ucapnya.

Hingga saat ini, hanya ada dua model reksadana yang sudah bisa di-rating Pefindo. Mereka adalah reksadana fixed income dan reksadana money market. Penilaiannya berdasarkan komposisi aset obligasi. Adapun, tahun ini, Pefindo akan gencar untuk memasarkan jasa rating mereka untuk produk reksadana.

"Kami akan melakukan sosialisasi ke investor dan MI," ucap Dewi Kartika Nugrahani, Relationship Manager Pefindo. Untuk itu, Pefindo menargetkan dua MI untuk melakukan peringkat pada poduk reksadana mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×