kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Dekati Level Terendah Sepekan ke US$1.813,70, Rabu (8/3)


Rabu, 08 Maret 2023 / 19:42 WIB
Harga Emas Spot Dekati Level Terendah Sepekan ke US$1.813,70, Rabu (8/3)
ILUSTRASI. Harga emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot melayang di dekat level terendah satu pekan pada hari Rabu (8/3).  Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan bahwa suku bunga Amerika Serikat (AS) mungkin perlu lebih tinggi dari yang diharapkan untuk mengendalikan inflasi yang kaku.

Melansir Reuters, harga emas spot datar di US$1.813,70 per ons troi pada pukul 10.56 GMT, setelah mencapai level terendah sejak 28 Februari di US$1.809,27 di awal sesi.

Mengikuti pernyataan Powell pada hari Selasa, harga emas turun hampir 2%. Sementara, harga emas berjangka AS turun tipis 0,1% menjadi US$1.817,50.

“Powell kembali ke sikap yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama mengambil angin dari emas karena pasar sekarang mengharapkan tingkat yang lebih tinggi,” kata analis StoneX Rhona O'Connell.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Anjlok Rp 12.000 ke Level Rp 1.020.000 Per Gram, Rabu (8/3)

The Fed kemungkinan perlu menaikkan suku bunga lebih dari yang diharapkan sebagai tanggapan terhadap data kuat baru-baru ini.

Powell juga mengatakan, The Fed juga bersiap untuk bergerak lebih besar jika "totalitas" informasi yang masuk menunjukkan tindakan yang lebih keras diperlukan untuk mengendalikan inflasi.

Daya tarik emas cenderung redup ketika ekspektasi kenaikan suku bunga naik. Pasalnya, suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Pelaku pasar sekarang sebagian besar mengharapkan kenaikan 50 basis poin pada pertemuan kebijakan The Fed pada 21-22 Maret.

Dolar AS mencapai level tertinggi multi-bulan, membuat emas kurang menarik bagi pembeli di luar negeri.

Investor juga akan mencermati Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP dan Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja (JOLTS) , diikuti oleh data nonfarm payrolls (NFP) pada hari Jumat.

Pada bulan Februari, ETF emas global (exchange traded fund) menderita lebih banyak kerugian yang dipimpin oleh dana Eropa. “Sementara dana Amerika Utara mengalami arus keluar kecil untuk pertama kalinya dalam dua bulan,” kata World Gold Council.

Baca Juga: Harga Emas Lanjut Koreksi, Dipicu Pernyataan The Fed tentang Kenaikan Suku Bunga

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,3% pada US$20,10 per ons troi, platinum bertambah 1,6% pada US$944,37, dan paladium naik 1,5% menjadi US$1.407,74.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×