kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,15   -3,09   -0.31%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menembus Level US$1.847, Harga Emas Spot Catatkan Pekan Terbaik


Jumat, 03 Maret 2023 / 18:09 WIB
Menembus Level US$1.847, Harga Emas Spot Catatkan Pekan Terbaik
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot naik ke level tertinggi dalam hampir dua minggu dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan terbesar sejak pertengahan Januari pada Jumat (3/3). Mengkilapnya emas didukung pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) karena investor mengukur jalur kebijakan The Fed.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,6% pada US$1.847,00 per ons troi, pada pukul 09.29 GMT, level tertinggi sejak 20 Februari. Harga emas telah naik sekitar 2% sepekan ini.

Sementara, harga emas berjangka AS naik 0,6% menjadi US$1.852,00 per ons troi.

Baca Juga: Harga Emas Menguat dan Berada di Pekan Terbaik Sejak Pertengahan Januari

Indeks dolar AS menuju penurunan mingguan sebesar 0,5%, membuat emas batangan dengan harga greenback lebih menarik bagi pembeli di luar negeri.

“Emas telah berhasil menemukan support yang baik di sekitar level US$1.800 dan jika ada penembusan di atas US$1.865, akan ada beberapa permintaan baru,” kata Ole Hansen, head of commodity strategy Saxo Bank.

"Jika kita melihat tanda-tanda pelemahan dalam data ekonomi dan menghasilkan ekspektasi kenaikan suku bunga yang lebih rendah, itu akan mendukung emas," kata Hansen.

Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan, dampak dari suku bunga AS yang lebih tinggi pada ekonomi mungkin hanya mulai "menggigit" dengan sungguh-sungguh musim semi ini, sebuah argumen bagi bank sentral AS untuk tetap dengan kenaikan suku bunga seperempat poin yang "stabil".

Meskipun emas dikenal sebagai lindung nilai inflasi, kenaikan suku bunga meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan hasil nol dan menjadikannya taruhan yang kurang menarik.

Sementara itu, data pada hari Kamis menunjukkan jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun lagi minggu lalu, menunjukkan kekuatan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan.

Fitch Solutions dalam sebuah catatan mengatakan, pihaknya mengharapkan volatilitas harga emas yang signifikan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 Hari Ini 3 Maret, Cek Daftar Selengkapnya

Di antara logam mulia lainnya, harga perak spot naik 0,9% menjadi US$21,08 per ons troi dan ditetapkan untuk kenaikan mingguan terbesar sejak 13 Januari.

Platinum bertambah 0,9% pada US$968,77 dan berada di jalur untuk minggu terbaiknya sejak November. Paladium naik 0,2% menjadi US$1.452,60.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×