kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Tertekan di Awal Pekan Saat Pasar Menunggu Data PCE


Senin, 25 Maret 2024 / 22:01 WIB
Wall Street Tertekan di Awal Pekan Saat Pasar Menunggu Data PCE
ILUSTRASI. Indeks-indeks utama Wall Street mengawali minggu ini dengan penurunan.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks-indeks utama Wall Street mengawali minggu ini dengan penurunan. Investor menantikan komentar dari pejabat Federal Reserve dan data inflasi utama. 

Senin (25/3) pukul 21.54 WIB, Dow Jones Industrial Average turun 0,32% ke 39.350. Indeks S&P 500 melemah 0,21% ke 5.223. Sedangkan Nasdaq Composite turun 0,21% ke 16.393.

Baik S&P 500 maupun Dow mencatat persentase kenaikan mingguan terbaik sepanjang tahun ini pada hari Jumat. The Fed tetap berpegang pada pedoman penurunan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini.

Menurut CME FedWatch, para pelaku pasar sekarang melihat peluang The Fed untuk memangkas suku bunga pertamanya pada bulan Juni sebesar hampir 71%, naik dari sekitar 55% pada awal minggu lalu.

Baca Juga: Pasar Cenderung Volatile, Simak Proyeksi IHSG & Saham Pilihan Analis, Selasa (26/3)

Namun, pada Jumat malam, Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengutip inflasi yang terus-menerus dan data ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan. Dia kini memperkirakan hanya satu pemotongan seperempat poin, bukan dua yang ia proyeksikan sebelumnya. Sejumlah pejabat Fed, termasuk Presiden Fed Chicago Austan Goolsbee, akan menyampaikan pidatonya hari ini.

“Saham bisa berkonsolidasi menjelang Paskah,” kata Raffi Boyadjian, analis investasi utama di XM kepada Reuters.

Pembacaan indeks harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) bulan Februari yang penting, yang merupakan ukuran inflasi pilihan The Fed, akan dirilis pada hari Jumat, ketika pasar AS akan tutup untuk libur Jumat Agung.

“Reaksi apa pun dapat dibesar-besarkan di tengah rendahnya likuiditas sekitar liburan Paskah akhir pekan, karena pasar AS akan tutup pada hari Jumat dan tidak akan dibuka kembali hingga hari Senin, ketika sebagian besar pasar utama lainnya akan tetap tutup,” kata Boyadjian.

Indeks PCE yang panas dapat mengurangi optimisme pasar terhadap penurunan suku bunga lebih awal. Perkiraan akhir untuk PDB kuartal keempat dan indeks kepercayaan konsumen bulan Maret juga akan dirilis dalam beberapa hari ke depan dan akan mengakhiri minggu perdagangan terakhir kuartal bulan Maret.

Baca Juga: IHSG Menguat ke 7.377 Senin (25/3), BBRI, AMRT, TPIA Paling Banyak Net Buy Asing

Harga saham Boeing menguat setelah perusahaan pembuat pesawat tersebut mengatakan bahwa CEO-nya akan mengundurkan diri. Boeing membatasi kerugian pada blue-chip Dow, naik 2,4% setelah mengumumkan CEO Dave Calhoun akan mundur dari posisinya pada akhir tahun 2024.

Harga saham Intel dan Advanced Micro Devices masing-masing turun 3,9% dan 3,3%, menyusul laporan bahwa Tiongkok telah memperkenalkan pedoman untuk menghapuskan mikroprosesor AS yang dibuat oleh pembuat chip dari komputer pribadi dan server pemerintah. Indeks Semikonduktor Philadelphia turun 1%, sementara sebagian besar saham pertumbuhan megacap juga turun tipis di awal perdagangan.

Saham-saham terkait mata uang kripto dan blockchain seperti operator bursa Coinbase Global, penambang kripto Riot Platforms, dan perusahaan perangkat lunak MicroStrategy bertambah antara 4,5% dan 6,7%, melacak pemulihan bitcoin.

Harga saham United Airlines turun 4,0% setelah Administrasi Penerbangan Federal AS meningkatkan pengawasannya terhadap perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×