kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tapering off dimulai tahun ini, begini proyeksi kurs rupiah hingga tahun depan


Selasa, 31 Agustus 2021 / 07:35 WIB
Tapering off dimulai tahun ini, begini proyeksi kurs rupiah hingga tahun depan


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayang-bayang tapering off dan kenaikan suku bunga berpotensi membuat pergerakan rupiah di akhir tahun ini dan tahun depan stabil tetapi cenderung melemah. Mengutip Bloomberg, Senin (30/8), rupiah masih mampu bergerak menguat 0,33% ke Rp 14.370 per dolar Amerika Serikat (AS) setelah Federal Reserve pada simposium Jackson Hole, Sabtu (28/8), mengumumkan akan tetap melakukan tapering off di tahun ini. 

Senior Economist Samuel Sekuritas Fikri C. Permana memproyeksikan rupiah di akhir tahun berpotensi ditutup melemah di level Rp 14.600 per dolar AS. Proyeksi tersebut sama dengan Bank Indonesia (BI) yang memperkirakan nilai tukar rupiah akan bergerak stabil di kisaran Rp 14.200 dolar AS hingga Rp 14.600 per dolar AS untuk tahun 2021 dan 2022. 

Menurut Fikri, sentimen negatif datang dari proyeksi The Fed akan melakukan tapering off di November atau Desember. "Saat tapering AS terjadi biasanya akan terjadi sell off di pasar keuangan dalam negeri, begitu pun investor domestik akan mengikuti langkah investor asing dalam merespons tapering off," kata Fikri, Senin (30/8).

Baca Juga: Tapering berpotensi mengangkat CDS Indonesia lagi

Fikri memandang dengan BI membiarkan rupiah terdepresiasi ke Rp 14.600 dolar AS, aktivitas ekspor akan terdorong dan membawa pertumbuhan ekonomi domestik. Tapi, pelemahan rupiah akibat respons pelaku pasar terhadap tapering off AS di akhir tahun hanya akan terjadi sementara.

Fikri memproyeksikan di awal 2022 rupiah berpotensi kembali menguat ke sekitar Rp 14.400 dolar AS. Sementara itu, rupiah berpotensi kembali melemah hingga akhir 2022 di rentang Rp 14.600 dolar AS-Rp 14.800 dolar AS karena sentimen lanjutan peningkatan suku bunga AS. 

Sedangkan, Presiden Komisaris HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo memproyeksikan di akhir tahun ini rupiah tetap stabil di kisaran Rp 14.500 per dolar AS. Namun, tetap level tersebut melemah dari posisi rupiah saat ini. 

Baca Juga: The Fed berhati-hati menggelar tapering off, rupiah menguat

Sutopo memandang rupiah masih mampu bergerak stabil meski cenderung melemah karena didukung dari distribusi vaksin dalam negeri yang sudah mencapai 28% untuk dosis pertama dan 15% untuk dosis keuda per Senin (30/8). "Indonesia berada di urutan keempat secara global dalam jumlah yang telah divaksin, ini merupakan hal baik bagi pemulihan ekonomi," kata Sutopo. 

Selain itu, Sutopo menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berhasil untuk menurunkan angka penularan. Jika perkembangan vaksin terus naik dan penyebaran virus terus menurun, Sutopo memproyeksikan aktivitas ekonomi akan cepat pulih dan nilai tukar rupiah berpotensi stabil.

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 30 Agustus: Ada penambahan vaksinasi 1,1 juta dosis

"Bagaimana pun dukungan stimulus pemerintah belum akan berkurang begitupun dengan stimulus AS," kata Sutopo. 

Penyebaran varian delta Covid-19 juga berdampak pada sikap The Fed pada pengurangan pembelian aset. Powell juga menegaskan mereka akan berhati-hati menilai data ekonomi dan bank sentral akan terus mendukung kondisi keuangan yang akomodatif bahkan setelah pembelian aset berakhir.

"Tapering off memang akan tetap AS lakukan tetapi hingga saat ini waktunya belu tahun kapan masih menunggu data non pertanian di Agustus," kata Sutopo. 

Baca Juga: BI berencana menaikkan suku bunga acuan pada akhir 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×