kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rata-rata return reksadana tetap dollar AS bakal tembus 10% di Akhir 2019


Senin, 26 Agustus 2019 / 19:56 WIB
Rata-rata return reksadana tetap dollar AS bakal tembus 10% di Akhir 2019
ILUSTRASI. Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren kenaikan imbal hasil reksadana pendapatan tetap untuk obligasi dolar AS di sisa 2019 berpotensi menyentuh level double digit. Hal ini didukung tren penurunan suku bunga acuan baik di Tanah Air, maupun di Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data Infovesta Fixed Income Fund Index per 23 Agustus 2019, rata-rata reksadana pendapatan tetap untuk portofolio obligasi dollar AS membukukan imbal hasil 8,7%. Tren tersebut diperkirakan masih akan berlanjut dan berpotensi menembus 10% di akhir 2019.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, sentimen pendorong imbal hasil reksadana pendapatan tetap untuk obligasi dollar AS disebabkan oleh dua hal.

Baca Juga: Pelemahan sektoral menekan kinerja indeks IDX Value30 dan IDX Growth30

Pertama, karena tren suku bunga turun secara otomatis membuat harga obligasi cenderung naik dan kedua karena adanya keuntungan kurs, terlebih jika obligasi dollar AS dikonversikan menjadi rupiah.

"Trennya masih akan berlanjut untuk tahun ini, bukan hanya bagi obligasi dollar AS, tapi untuk pendapatan tetap secara umum," jelas Wawan kepada Kontan.co.id, Senin (26/8).

Baca Juga: Simak sepak terjang Mang Amsi membuat Komunitas Saham Syariah

Hingga akhir 2019, Wawan memperkirakan suku bunga acuan dari Bank Indonesia (BI) masih akan turun sekali lagi, di kuartal IV-2019. Dengan begitu, katalis suku bunga turun masih akan mendorong harga obligasi ke depan untuk naik.

Meskipun begitu, untuk reksadana pendapatan tetap dollar AS masih terikat dengan aturan reksadana konvensional yang mensyaratkan ke luar negeri maksimal 15%.

Sehingga, 85% aset akan berada di dalam negeri dalam bentuk Indon, Surat Utang Negara (SUN) yang diterbitkan dalam bentuk dollar AS, atau obligasi swasta yang memiliki redenominasi dollar AS.

Baca Juga: Mang Amsi, dari guru madrasah di hutan belantara jadi investor saham syariah terkenal

"Dua hal tersebut masih jadi fokus. Namun, secara umum hingga akhir tahun harga masih akan meningkat. Ini karena suku bunga turun, yield turun, maka harga akan naik," paparnya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×