kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Multi Hanna Kreasindo (MHKI) Resmi Melantai di BEI, Harga Sahamnya Turun 10%


Selasa, 16 April 2024 / 10:03 WIB
Multi Hanna Kreasindo (MHKI) Resmi Melantai di BEI, Harga Sahamnya Turun 10%
ILUSTRASI. PT Multi Hanna Kreasindo Tbk (MHKI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pengelolaan limbah, PT Multi Hanna Kreasindo Tbk (MHKI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4). Pada perdagangan pertama hingga pukul 09.05 WIB, saham MHKI turun 10% ke posisi harga Rp 144 per saham. 

Direktur Utama PT Multi Hanna Kreasindo Tbk Shahabuddin mengatakan melalui pencatatan saham di BEI, merupakan bagian dari upaya MHKI untuk memberikan solusi dalam menjaga kelestarian bumi. 

“Kami telah konsistensi dan berkomitmen untuk mencarikan jalan keluar bagi sejumlah perusahaan dalam mengatasi persoalan limbah proses produksi,” jelasnya pada perdagangan pertama, di BEI Selasa (16/4). 

Baca Juga: Penawaran Umum Rampung, Multi Hanna (MHKI) dan Atlantis (ATLA) Segera Melantai di BEI

Sebagai informasi MHKI melepaskan maksimal 750 juta saham atau setara dengan 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum. Multi Hanna Kreasindo memasang harga penawaran awal di kisaran Rp 160 – Rp 200 setiap sahamnya. Dengan begitu, MHKI akan memperoleh  sebanyak-banyaknya Rp 150 miliar. 

Seluruh dana dari IPO tersebut akan digunakan untuk dua hal utama. Sekitar 78,33% akan digunakan untuk belanja modal Multi Hanna Kreasindo. 

Rinciannya, 60,32% dari capex akan digunakan untuk pembangunan pabrik dan kantor beserta mesin dan alat penunjang lainnya. Rencananya, pabrik anyar ini bakal didirikan di Lamongan, Jawa Timur. 

Berikutnya, sekitar 39,69% dari belanja modal itu akan dipakai untuk head office. Termasuk pembelian kendaraan sebanyak 15 unit truk dan pembelian peralatan mesin. 

Baca Juga: Dua Perusahaan Segera IPO, Mana yang Menarik?

Kemudian sisa dana dari IPO akan digunakan untuk modal kerja atau working capital, yaitu penambahan persediaan dan biaya operasional yang diharapkan bakal mendukung penjualan produk MHKI. 

Multi Hanna Kreasindo menunjuk PT NH Korindo Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Sementara itu, penjamin emisi efek akan ditentukan kemudian hari.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×