kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metropolitan Land (MTLA) Bukukan Laba Bersih Rp 395,3 Miliar Sepanjang 2022


Rabu, 05 April 2023 / 14:24 WIB
Metropolitan Land (MTLA) Bukukan Laba Bersih Rp 395,3 Miliar Sepanjang 2022
ILUSTRASI. Fasilitas area komersil?Metland Cyber Puri.


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) mencatatkan kinerja positif sepanjang 2022. Laba bersih Metland tercatat sebesar Rp 395,3 miliar sepanjang 2022. Capaian itu tumbuh 6,26% dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp 372 miliar.

Pertumbuhan laba didorong pertumbuhan pendapatan usaha sebesar 15,5% menjadi Rp 1,38 triliun. Tahun 2021, pendapatan usaha MTLA sebesar Rp 1,19 triliun.

Direktur MTLA Olivia Surodjo mengatakan, pendapatan berulang menjadi salah satu pendorong kenaikan laba.

Baca Juga: Metropolitan Land (MTLA) Siap Kerjakan Proyek Residensial dan Hotel Tahun Ini

“Pendapatan berulang Metland naik sebesar 44% dibanding tahun 2021 seiring dengan peningkatan pendapatan dari unit pusat perbelanjaan dan hotel karena Covid-19 yang semakin terkendali,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (5/4).

Peningkatan laba perseroan juga ditopang oleh peningkatan pendapatan penjualan properti dan beberapa penjualan lahan komersial di proyek residensial, hingga peningkatan pada bagian laba Perseroan atas ventura.

 

“Beberapa faktor lainnya yang mendorong kenaikan pendapatan dan laba bersih seperti pemanfaatan program PPN DTP sampai dengan September 2022, suku bunga bank yang kompetitif, serta produk-produk yang dipasarkan dapat diserap oleh target market,” lanjut Olivia.

Baca Juga: Menakar Prospek Emiten Properti Dari Rapor Marketing Sales

Adapun proyek residensial Metland Cileungsi, Metland Cibitung, dan Metland Menteng & Wisteria menjadi penyumbang terbesar pada pendapatan penjualan properti MTLA di tahun 2022.

Selain itu, nilai aset pada tahun 2022 juga tumbuh sebesar 5,09%, mencapai Rp 6,74. triliun. Sedangkan peningkatan ekuitas perseroan sebesar 7,91% menjadi Rp 4,76 triliun di tahun 2022.

Pengembangan Proyek Berjalan

MTLA terus melanjutkan pengembangan pada unit usaha hotel, salah satunya pengembangan Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali. Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud merupakan hotel bintang 5 pertama yang dimiliki dan dikelola perseroan.

MTLA juga meneruskan pengembangan proyek residensial berjalan seperti Metland Cyber Puri yang tengah kembali memasarkan cluster The Northbend tahap 3.

Baca Juga: Metropolitan Land (MTLA) Lanjutkan Ekspansi di 2023

Metland Cibitung juga kembali memasarkan cluster Havana tahap 2, dan Metland Cileungsi yang mempersembahkan produk terbarunya tipe Senna yang berada didalam cluster The Colony, serta Metland Transyogi yang akan meluncurkan produk terbarunya.

Selain itu, MTLA tengah mempersiapkan mempersiapkan dua proyek residensial baru. Salah satunya Metland Cikarang yang direncanakan akan mulai penjualan pada semester II 2023. 

Olivia mengatakan, perseroan senantiasa melakukan inovasi strategi pemasaran digital untuk memberikan stimulus tambahan agar dapat menumbuhkan kembali daya beli masyarakat. Tahun 2023 MTLA menargetkan marketing sales yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue sebesar Rp 1,8 triliun.

“Hingga Februari 2023 marketing sales Metland sekitar Rp245 miliar,” tutup Olivia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×