kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjelang Cum Date Dividen, Investor Bisa Cermati Barisan Saham Berikut Ini


Minggu, 26 Mei 2024 / 12:44 WIB
Menjelang Cum Date Dividen, Investor Bisa Cermati Barisan Saham Berikut Ini
ILUSTRASI. Papan digital perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (23/4/2024). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/23/04/2024


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim pembagian dividen belum sepenuhnya usai. Para pelaku pasar masih bisa mencermati barisan emiten yang masuk periode cumulative date (cum date) pada pekan terakhir bulan Mei ini. 

Beberapa di antaranya merupakan saham yang dinilai punya karakteristik big caps. Contohnya adalah PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) dengan jadwal cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi pada 27 Mei 2024. 

Pada tanggal yang sama, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) juga akan cum date.

Emiten lain yang akan cum date pada 27 Mei 2024 adalah PT ABM Investama Tbk (ABMM) yang akan membayar dividen Rp 295 per saham, PT Elnusa Tbk (ELSA) dengan dividen Rp 27,57 per saham, PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) dengan dividen Rp 30 per saham.

Baca Juga: Sederet Emiten Properti Catat Marketing Sales Positif, Intip Rekomendasi Sahamnya

Selanjutnya ada PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) yang akan menebar dividen sebesar Rp 312 per saham serta  PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) yang akan membagikan dividen tunai plus saham bonus.

Kemudian PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) akan membayar dividen Rp 28,68 per saham dengan tanggal cum date 28 Mei 2024. Emiten lain yang cum date di hari yang sama antara lain PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) dengan dividen Rp 281 per saham dan PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) dengan dividen Rp 232,21 per saham. 

Berikutnya, emiten yang akan cum date pada 29 Mei 2024 antara lain PT IMC Pelita Logistik Tbk (PSSI) dengan dividen Rp 48 per saham dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) dengan besaran dividen Rp 18,54 per saham. Lalu menyusul PT Indosat Tbk (ISAT) yang akan membagi dividen Rp 268,4 per saham dengan masa cum date pada 31 Mei 2024.

Selain barisan emiten di atas, sederet emiten yang akan cum date pada akhir bulan Mei ini antara lain PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA), PT Kurniamitra Duta Sentosa Tb (KMDS) hingga PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC).

Head Customer Literation and Education Kiwoom Sekuritas Oktavianus Audi mengamati pembagian dividen dari kinerja keuangan tahun buku 2023 relatif sejalan dengan capaian laba bersih emiten. Audi melirik emiten di sektor energi yang masih konsisten menebar dividen meski terjadi penurunan laba akibat normalisasi harga komoditas.

Di samping antisipasi yang telah terjadi, pelaku pasar juga cenderung merespons positif pengumuman pembagian dividen usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Namun, harga saham akan kembali mengalami priced in dan tertekan saat memasuki masa ex-date.

 

Baca Juga: Sederet Emiten Lakukan Buyback, Berikut Daftar Saham yang Layak Koleksi

Dus, pelaku pasar perlu mewaspadai terjadinya aksi profit taking menjelang ex-date

"Kami harapkan investor sudah memiliki perhitungan yang matang. Jika baru masuk pada saat pengumuman dividen, maka kami sarankan hanya memanfaatkan trading hingga cum-date saja," ujar Audi kepada Kontan.co.id, Minggu (26/5).




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×