kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cum Date Dividen Interim dari Sejumlah Emiten Jatuh Pekan Ini, Mana yang Menarik?


Senin, 11 Desember 2023 / 07:30 WIB
Cum Date Dividen Interim dari Sejumlah Emiten Jatuh Pekan Ini, Mana yang Menarik?
ILUSTRASI. Layar perdagangan saham di?Bursa Efek Indonesia.? KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/10/2023.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagai bonus akhir tahun atau bekal untuk liburan awal tahun 2024, sejumlah emiten masih ramai membagi dividen interim. Jangan sampai ketinggalan, karena jadwal cumulative date (cum date) akan berlangsung pada pekan ini.

Emiten yang akan menebar dividen interim datang dari berbagai sektor. Mulai dari perusahaan batubara seperti PT Bayan Resources Tbk (BYAN) yang akan menggelontorkan US$ 500 juta atau setara US$ 0,015 per saham sebagai interim. Cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi berlangsung pada 15 Desember 2023.

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) juga tak ketinggalan menebar bonus bagi para pemegang sahamnya. Emiten batubara Grup Sinarmas ini bakal membagi dividen interim kedua setara Rp 1,39 triliun atau Rp 237,52 per saham. Cum dividen dijadwalkan pada 13 Desember 2023.

Selain dua emiten batubara, ada juga duo emiten menara, yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). TBIG akan membayarkan dividen interim senilai Rp 25 per saham, dengan cum dividen pasar reguler dan negosiasi pada 12 Desember 2023.

Baca Juga: Bisnis Perhotelan Diyakini Meningkat pada Kuartal IV, Saham-Saham Ini Bisa Dilirik

Sedangkan TOWR bakal membagi dividen interim sebesar Rp 6 per saham, dengan masa cum dividen pada 14 Desember 2023. Kemudian, dari sektor keuangan ada PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) yang akan membayar sebesar Rp 28 per saham, dengan cum dividen para 13 Desember 2023. 

Selain emiten dengan skala market cap menengah - jumbo di atas, ada pula PT Pulau Subur Tbk (PTPS). Emiten sawit yang baru listing pada 9 Oktober 2023 ini bakal mengucurkan Rp 2,6 miliar atau Rp 1,2 per saham sebagai dividen interim. Cum date akan berlangsung pada 15 Desember 2023.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih mengamati secara historis periode akhir tahun biasanya menjadi momentum pembagian dividen interim. 

"Hal tersebut sebagai cerminan solidnya kinerja emiten hingga kuartal III-2023," kata Ratih kepada Kontan.co.id, Minggu (10/12).

Musim pembagian dividen interim pada penghujung tahun bisa menjadi pemanis bagi pergerakan saham emiten tersebut maupun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), sejalan dengan momentum windows dressing. Hanya saja, kontribusi pembagian dividen interim terhadap pasar ekuitas tidak begitu signifikan.

Ratih bilang, pergerakan IHSG lebih dominan terpapar oleh sentimen dari kondisi makro ekonomi domestik maupun global. Kepala Riset FAC Sekuritas Indonesia Wisnu Prambudi Wibowo sepakat, tren menanjak IHSG yang saat ini sudah menembus level 7.159,59 setidaknya dipengaruhi oleh tiga sentimen dominan.

 

Baca Juga: Laba Jasa Marga (JSMR) Melesat hingga Kuartal III, Begini Rekomendasi Sahamnya

Katalis pendongkrak IHSG di akhir tahun 2023 adalah penguatan nilai tukar rupiah, terjadinya windows dressing dan santa claus rally, serta didorong oleh menguatnya saham-saham milik taipan Prajogo Pangestu yang kini punya bobot cukup besar terhadap IHSG.

Sedangkan soal pembagian dividen interim, Wisnu memandang respons pasar akan beragam terhadap masing-masing emiten.

"Saya kira yang perlu dicermati adalah seberapa besar dividend yield-nya, tren harga saham saat ini, dan tentu saja katalis pengiringnya," terang Wisnu.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×