kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Medikaloka Hermina Siapkan Rencana Ekspansi, Begini Rekomendasi Saham HEAL


Jumat, 21 Januari 2022 / 07:15 WIB
Medikaloka Hermina Siapkan Rencana Ekspansi, Begini Rekomendasi Saham HEAL


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medikaloka Hermina Tbk melanjutkan strategi ekspansi pada tahun ini. Emiten bersandi HEAL di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini setidaknya bakal menambah tiga rumah sakit Hermina.

Pada Selasa (18/1) lalu, HEAL baru menggelar pembukaan operasional Rumah Sakit Hermina Cilegon. Rumah sakit umum tipe C dengan master plan empat lantai ini merupakan bagian dari ekspansi HEAL yang dilakukan pada tahun lalu.

Direktur HEAL Aristo Setiawidjaja mengungkapkan, sepanjang 2021 pihaknya membangun tiga rumah sakit baru yang bertempat di Ciledug, Cibitung, dan Cilegon. Sehingga saat ini HEAL memiliki 43 rumah sakit.

Sebagai langkah keberlanjutan usaha dalam jangka menengah, HEAL menargetkan penambahan rumah sakit baru di Ciawi dan Samarinda untuk tahun 2023 mendatang. Sedangkan untuk tahun ini, HEAL setidaknya akan menambah tiga rumah sakit yang berlokasi di Soreang (Bandung), Aceh dan Tasikmalaya.

Baca Juga: Intip Rekomendasi Saham Aneka Tambang (ANTM) Saat Wacana Pungutan Pajak Ekspor Muncul

Untuk memuluskan rencana ekspansi tersebut, HEAL telah menyiapkan belanja modal (capex). Pada tahun 2021 lalu, HEAL membelanjakan dana sekitar Rp 1,2 triliun. Sedangkan untuk periode 18 bulan ke depan, HEAL menyiapkan capex sekitar Rp 1,5 triliun.

Dari dana tersebut, sebanyak Rp 1 triliun akan dialokasikan sebagai capex di tahun ini. "Digunakan untuk membuka rumah sakit baru, penambahan bed di rumah sakit eksisting, dan penambahan peralatan medis," ujar Aristo saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (20/1).

Strategi ekspansi ini diharapkan turut menopang keberlanjutan usaha. Aristo bilang, HEAL bakal terus bertumbuh secara organik dan mengembangkan jenis pelayanan. Terutama untuk perawatan yang berintensitas tinggi. "Contohnya dengan membangun cancer center di Hermina Bekasi," sambungnya.

Adapun sepanjang tahun ini, HEAL menargetkan bisa memperoleh pendapatan di atas Rp 5 triliun. Namun, Aristo pun belum membuka mengenai kinerja yang diraih HEAL sepanjang 2021.

Baca Juga: Punya Rencana Bisnis Menjanjikan, Begini Rekomendasi Saham Ciputra Development (CTRA)

Yang terang, merujuk pada laporan keuangan per Q3-2021, HEAL berhasil mencetak pertumbuhan signifikan baik dari sisi top line maupun bottom line. HEAL mencetak kenaikan laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk hingga 195,19% secara year on year (yoy) menjadi Rp 773,14 miliar.

Pertumbuhan laba bersih ini tidak terlepas dari kenaikan pendapatan bersih HEAL yang cukup signifikan. Hingga kuartal III 2021, realisasi pendapatan mencapai Rp 4,62 triliun atau naik 60,50% yoy. 




TERBARU

[X]
×