kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45960,78   1,83   0.19%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Punya Rencana Bisnis Menjanjikan, Begini Rekomendasi Saham Ciputra Development (CTRA)


Kamis, 20 Januari 2022 / 10:20 WIB
Punya Rencana Bisnis Menjanjikan, Begini Rekomendasi Saham Ciputra Development (CTRA)


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. RHB Sekuritas masih mempertahankan rekomendasi beli untuk saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Emiten proterti itu dinilai punya kinerja pre-sales yang solid, proyek yang terdiversifikasi, serta membaiknya investasi properti yang dimiliki.

Secara kinerja, analis RHB Sekuritas Shelly Setiadi mengatakan, CTRA sudah inline dengan proyeksi setelah bottom line memenuhi 71% dari proyeksinya. Adapun, hingga kuartal III-2021, CTRA telah membukukan laba bersih sebesar Rp 1 triliun atau naik 337% secara year on year (yoy).

Sementara dari sisi pre-sales, emiten properti ini juga membukukan kinerja yang solid didukung oleh produk residensial. Tercatat, dengan harga produk yang sekitar Rp 2 miliar, segmen residensial menyumbang 61% dari total pra penjualan.

"Pihak manajemen mengatakan 30% dari pre sales merupakan imbas dari relaksasi PPN properti. Bahkan, ketika relaksasi berakhir tahun ini, pre-sales CTRA di tahun depan masih akan tetap tumbuh dan berkembang," ujar Shelly dalam risetnya pada 17 Januari.

Baca Juga: Ada Ancaman Omicron, Ciputra Development Pastikan Penjualan Properti Tak Terganggu

Shelly juga melihat, saat ini CTRA tengah berusaha meningkatkan eksposure yang lebih besar di Jakarta Timur. Hal ini terlihat dari aksi mengakuisisi PT Metropolitan Land (MTLA) yang punya cadangan lahan lebih dari 600 hektare (ha). Terlebih, MTLA juga memiliki proyek utama di real estate dan pusat perbelanjaan.

Dari segmen recurring income, CTRA juga mulai perbaiki kinerja seiring kunjungan ke pusat perbelanjaan yang terus meningkat. Untuk pusat perbelanjaan, CTRA berhasil menjaga tingkat okupansi di level 90% dengan meningkatkan diskon sewa menjadi 50% pada kuartal III-2021 seiring lonjakan kasus Covid-19 saat itu.

Menurutnya, CTRA akan menurunkan diskon kembali menjadi 30% lantaran pemulihan ekonomi dan membaiknya aktivitas masyarakat. Hal ini terlihat dari tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan yang mencapai lebih dari 70%, mendekat dari level Februari 2021 silam.

Selain itu, Shelly juga menyebut CTRA berpotensi mendapat tambahan pendapatan dari segmen layanan kesehatan. Segmen ini mengalami kenaikan pendapatan yang signifikan hingga 94% secara tahunan hingga akhir September 2021 kemarin.

 

 

"Walau kontribusinya baru 8% ke total pendapatan, kami mengekspektasikan angka itu akan terus naik seiring strategi CTRA yang memasukkan rumah sakit dalam pengembangan township. Selain itu, manajemen juga akan mengembangkan rumah sakit lain di Surabaya, Medan, Cibubur dan Sentul," imbuhnya

Saat ini, Shelly memasang rekomendasi beli dengan target harga hntuk CTRA sebesar Rp 1.500 per saham

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×