kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laris Manis, Penjualan ORI025 Capai Rp 4,46 Triliun dalam Sepekan


Selasa, 06 Februari 2024 / 07:45 WIB
Laris Manis, Penjualan ORI025 Capai Rp 4,46 Triliun dalam Sepekan
ILUSTRASI. penjualan ORI025 tenor 3 tahun sebesar Rp 3,34 triliun dan penjualan ORI025 tenor 6 tahun sebesar Rp 1,02 triliun


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepekan dipasarkan, pemerintah catat penjualan Obligasi Ritel Negara (ORI) seri ORI025 sebesar Rp 4,46 triliun per Senin (5/2) pukul 18.28 WIB.

Mengacu pada data salah satu mitra distribusi, Bibit, penjualan terbesar dari ORI025-T3 (tenor 3 tahun) sebesar Rp 3,34 triliun atau mencapai 22,26% dari kuota Rp 15 triliun. Penjualan ORI025-T6 sebesar Rp 1,02 triliun atau 10,2% dari kuota Rp 10 triliun.

Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu Deni Ridwan mengatakan, capaian tersebut menunjukkan bahwa progres penjualan ORI025 masih on track. Ia memperkirakan ke depan akan terus diburu, apalagi ada ORI019 dengan outstanding sebesar Rp 26 triliun yang akan jatuh tempo tanggal 15 Februari nanti.

"Kami harapkan investor ORI019 tersebut akan melakukan re-investasi dananya ke ORI025," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (5/2).

Deni juga optimistis, target Rp 25 triliun dapat tercapai di tengah sentimen ketidakpastian ekonomi global. Sebab, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid, 5,05% secara tahunan (YoY) di tahun 2023 dan tingkat inflasi juga terkendali pada level 2,57% YoY di bulan Januari 2024 lalu.

Baca Juga: Bidik Penjualan ORI025 Capai Rp 3 Triliun, Ini Strategi Bank Mandiri

Dari global, Deni menilai tingkat inflasi di Amerika Serikat (AS) dan Eropa yang semakin terkendali telah meningkatkan keyakinan pelaku pasar bahwa tingkat suku bunga di negara-negara maju tersebut telah mencapai puncaknya dan akan mulai diturunkan pada kuartal II atau III tahun ini.

"Kami juga melihat penyelenggaraan Pemilu tidak berdampak negatif terhadap penerbitan SUN sampai dengan saat ini," sebutnya.

Guna terus mendorong minat masyarakat, Deni menyebutkan pemerintah terus melaksanakan edukasi dan sosialisasi SUN ritel domestik secara lebih inovatif. Contohnya, pada launching ORI025 pihaknya melakukan bedah film Gampang Cuan dan mengaitkannya dengan investasi pada ORI025 dengan melibatkan berbagai komunitas di masyarakat.

"Kami juga menyelenggarakan edukasi sosial SUN ritel ke kampus-kampus, talkshow bekerjasama dengan media televisi dan radio, edukasi sosial kepada para pegawai di Kementerian dan Lembaga, placement Digital Ads, lomba video pendek, dan kegiatan-kegiatan lainnya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×