kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45958,48   -0,47   -0.05%
  • EMAS1.033.000 0,49%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Laris Manis, IPO Blibli (BELI) Banjir Investor Ritel dan Institusi Kakap


Rabu, 09 November 2022 / 07:55 WIB
Laris Manis, IPO Blibli (BELI) Banjir Investor Ritel dan Institusi Kakap


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) alias Blibli sukses melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (8/11). Emiten grup Djarum ini mencatatkan kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 4,4 kali dalam penawaran umum saham perdana saham atau initial public offering (IPO).

Adapun Blibli mematok harga IPO di level Rp 450 per saham. Harga itu berada di kisaran atas dari harga penawaran yang diajukan perusahaan dalam rentang Rp 410 per saham hingga Rp 460 per saham.

Chief of Corporate Secretary & Investor Relation Blibli, Eric Alamsjah Winarta menjelaskan dalam hajatan IPO ini, Blibli berhasil memaksimalkan 15% dari modal yang ditempatkan dan disetor. Alhasil, BELI meraup dana segar mencapai Rp 8 triliun dari aksi korporasi ini

"Penawaran saham ini mendapat dukungan yang cukup besar dan minat dari berbagai investor, baik domestik maupun asing. Mulai dari sovereign wealth funds, long-only funds, multi-strategy funds, private wealth management dan lainnya," ucap dia dalam konferensi pers virtual, Selasa (8/11).

Baca Juga: Tingkatkan Efisiensi, Blibli (BELI) Optimistis Hadapi Ketidakpastian Global

Baca Juga: Raup Dana Rp 7,99 Triliun, Kapitalisasi Pasar Blibli (BELI) Tembus Rp 53,5 Triliun

Eric menyebut antusiasme investor mampu mendorong tingkat kelebihan atau oversubscribed sebanyak 4,4 kali pada penjatahan terpusat. Hal itu menyebabkan peningkatan jumlah alokasi Penjatahan Terpusat dari 2,5% menjadi 5,0% dari keseluruhan jumlah penawaran.

Adapun kapitalisasi pasar BELI mencapai Rp 53,5 triliun. Jika menggunakan kurs di level Rp 15.590 per dolar Amerika Serikat (AS), kapitalisasi BELI setara dengan US$ 3,4 miliar.

"Kamu cukup bangga menyelesaikan IPO di tengah bergejolak dan suku bunga naik, dan sektor teknologi yang sebenarnya kurang kondusif," tandasnya.

 

 

BELI menutup perdagangan perdananya, Selasa (8/11), dengan stagnan di level Rp 450. Sepanjang hari BELI bergerak dalam rentang Rp 440 sampai Rp 472.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×