kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kombinasi sentimen positif bawa harga minyak WTI melesat 15% di pekan ini


Rabu, 11 November 2020 / 18:06 WIB
Kombinasi sentimen positif bawa harga minyak WTI melesat 15% di pekan ini
ILUSTRASI. harga minyak WTI terus menguat


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak dunia terus melambung dalam beberapa hari terakhir. Rabu (11/11) pada pukul 17.45 WIB, minyak berjangka West Texas Intermediate (WT) kontrak pengiriman Desember 2020 melesat 3,52% menjadi US$ 42,82 per barel. 

Padahal, pada akhir pekan lalu, minyak WTI masih bertengger pada level US$ per 37,14 per barel. Artinya, harga minyak WTI sudah melonjak 15,29% di pekan ini.

Analis Monex Investindo Futures Faisyal mengatakan, terdapat tiga katalis positif yang berhasil mengangkat pergerakan harga emas hitam ini. Pertama adalah euforia pasar atas kemenangan Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat (AS) sehingga menekan dolar AS dan berbalik menguntungkan komoditas, termasuk minyak dunia.

Kedua, katalis lain datang dari kabar positif mengenai uji coba vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer Inc dinyatakan 90% efektif. Faisyal menyebut, pasar merespons positif mengenai kabar tersebut.

Baca Juga: Harga minyak melesat 12,25% sejak adanya pengumuman vaksin corona

“Sentimen positif terbaru juga datang dari laporan American Petroleum Institute (API) yang mengumumkan stok minyak mentah AS turun hingga 5,1 juta barel di minggu lalu. Data ini lebih tinggi dari ekspektasi pasar sehingga semakin mendorong penguatan harga minyak dunia,” terang Faisyal kepada Kontan.co.id, Rabu (11/11).

Lebih lanjut, secara jangka pendek, Faisyal menilai penguatan masih akan terus berlanjut. Selain ketiga sentimen tersebut, Faisyal mengatakan, pelemahan dolar AS yang masih terjadi dan besok malam akan ada rilis cadangan minyak AS versi pemerintah akan mendorong penguatan. Pasalnya, pasar mengestimasikan cadangan minyak akan kembali turun.

Oleh sebab itu, Faisyal melihat kenaikan harga minyak dunia akan berpotensi bergerak ke level US$ 45 per barel. Ia menyatakan, harga ideal minyak WTI di pasaran saat ini berada pada rentang US$ 40 - US$ 45 per barel.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×