kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Kedatangan investor baru, begini rekomendasi saham Elang Mahkota Teknologi (EMTK)


Rabu, 07 April 2021 / 07:50 WIB
Kedatangan investor baru, begini rekomendasi saham Elang Mahkota Teknologi (EMTK)

Reporter: Kenia Intan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) telah menyelesaikan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement. Menurut catatan Kontan.co.id, EMTK menerbitkan 4,76 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 20 per saham.

Adapun setiap sahamnya ditawarkan dengan harga Rp 1.954. Melalui aksi private placement ini, EMTK mengantongi dana segar hingga Rp 9,3 triliun. 

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas mengatakan, dengan selesainya gelaran private placement itu, valuasi EMTK menjadi lebih menarik dan nilai price to book value-nya (PBV) turun.  

"Dari PE (price to earning ratio) juga kecil saat ini, sehingga membuat valuasi menjadi murah," kata dia kepada Kontan.co.id, Selasa (6/4). 

Sukarno pun merekomendasikan investor hold saham EMTK untuk jangka panjang. Sementara untuk jangka pendek, investor dapat melakukan trading buy atau buy on breakout di harga Rp 2.580 per saham. Jika level tersebut mampu ditembus, pergerakannya bisa lanjut ke harga Rp 2.900 per saham

Sementara itu, Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada merekomendasikan beli saham EMTK dengan target harga Rp 2.800 per saham. 

Saran tersebut mempertimbangkan prospek bisnis EMTK yang atraktif ke depan. Mengingat, induk usaha SCTV dan Indosiar itu mulai merambah ke bisnis investasi ranah digital.

Baca Juga: Private placement, Elang Mahkota Teknologi (EMTK) kedatangan investor baru

 

 

 

Asal tahu saja, beberapa usaha digital yang berada di bawah bendera EMTK seperti PT Kapan Lagi Dot Com Networks (KLY) dan PT Vidio Dot Com. Menurut catatan Kontan.co.id, di awal tahun ini melalui Vidio Dot Com, EMTK juga menjalin kerja sama kolaborasi digital dengan Bukalapak.com. 

Sekadar mengingatkan, aksi korporasi private placement EMTK itu diserap oleh investor asing seperti NAVER Corporation dan H Holdings Inc. Ada juga beberapa investor institusi seperti PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk, PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT Elbara Perkasa, dan PT Syailendra Capital.

"Dana yang diterima perusahaan setelah dikurangi biaya-biaya terkait PMTHMETD akan digunakan untuk investasi dan modal kerja untuk perusahaan dan entitas anak," ujar manajemen EMTK dalam keterbukaan informasi, Senin (5/4). Walau punya prospek cerah, Reza menekankan agar investor terus mencermati manfaat ekonomi dari penggunaan dana dari aksi korporasi itu. 

Asal tahu saja, pada perdagangan Selasa (6/4), saham  EMTK ditutup di Rp 2.430 per saham. Harganya cenderung turun 0,41% dalam sepekan. Namun, dalam sebulan, harga saham EMTK sudah naik 13%.

 

Selanjutnya: Aksi private placement di bawah harga pasar tuai kritik dari investor retail

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×