kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IPO pekan depan, intip profil Cemindo Gemilang (CMNT)


Jumat, 03 September 2021 / 21:11 WIB
IPO pekan depan, intip profil Cemindo Gemilang (CMNT)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan satu lagi perusahaan semen yang  melepas sahamnya ke publik. Adalah PT Cemindo Gemilang Tbk yang sedang menggelar initial public offering (IPO).

Mengutip pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (3/0), saham Cemindo Gemilang akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 8 September 2021 dengan menggunakan kode saham CMNT. Masa penawaran berlangsung sejak Kamis (2/9) hingga Senin (6/9).

Dalam aksi korporasi ini, CMNT akan melepas 1,71 miliar lembar saham baru atau setara 10,04%  dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO. Harga penawaran CMNT dipasang di harga Rp 680. Dengan demikian, CMNT meraup dana segar hingga Rp 1,16 triliun dari gelaran IPO.

Mengutip prospektus yang diterbitkan di laman e-IPO, CMNT adalah perusahaan semen terintegrasi yang didirikan tahun 2011. CMNT bergerak di bidang manufaktur, pemasaran dan distribusi produk semen dan klinker dari Indonesia dan Vietnam.

Baca Juga: Begini upaya Hasnur Internasional (HAIS) membidik kenaikan laba 30%

Di Indonesia, produk semen CMNT meliputi semen portland biasa atau ordinary portland cement (OPC) dan semen portland komposit atau portland composite cement atau (PCC) yang dipasarkan dan dijual dengan merek Semen Merah Putih.

Di Vietnam, produk semen CMNT meliputi OPC dan berbagai campuran semen portland campuran atau portland cement blended (PCB). Anak perusahaan CMNT, yakni Chinfon Vietnam, terus memasarkan dan menjual produk-produk ini dengan merek Chinfon. Manajemen mengklaim, merek Chinfon telah berkembang selama dua dekade terakhir menjadi merek yang terkenal dan mapan untuk produk semen dan klinker di wilayah Vietnam.

Masih mengutip prospektus, per 31 Desember 2020 CMNT memiliki kurang lebih 40 distributor di berbagai wilayah di Indonesia. Sementara di Vietnam, CMNT memiliki 45 distributor yang berlokasi di berbagai wilayah di Negeri Paman Ho tersebut.

Selain itu, afiliasi CMNT yakni Aastar Trading Pte. Ltd., memiliki jaringan importir dan pembeli regional yang luas dan mengekspor produk klinker dan semen CMNT ke berbagai jenis pelanggan, termasuk distributor dan pengguna akhir di Vietnam, yang berlokasi di Bangladesh, China, Filipina, Mauritius, dan Afrika.

Baca Juga: Proses rampung, IPO Indo Oil Perkasa oversubsrcibed 28 kali

Kinerja CMNT selama kuartal pertama 2021 juga cukup oke. CMNT membukukan penjualan bersih senilai Rp 2,0 triliun atau naik 41,06% dari pendapatan di kuartal I-2020 sebesar Rp 1,42 triliun.

CMNT juga berhasil mengempit laba bersih senilai Rp 115,11 miliar dari sebelumnya menderita rugi bersih mencapai Rp 676,56 miliar di kuartal I-2020. 

Selanjutnya: Menakar prospek emiten pelayaran GTS Internasional (GTSI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×