kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Lanjut Menguat Pagi Ini, di Tengah Kekhawatiran Berkurangnya Pasokan


Kamis, 04 April 2024 / 07:53 WIB
Harga Minyak Lanjut Menguat Pagi Ini, di Tengah Kekhawatiran Berkurangnya Pasokan
ILUSTRASI. harga minyak mentah lanjut menguat di pagi ini (4/4)


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga minyak naik di awal perdagangan Asia pada hari Kamis di tengah kekhawatiran berkurangnya pasokan karena produsen utama mempertahankan pengurangan produksi dan tanda-tanda pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat di Amerika Serikat (AS), konsumen minyak terbesar dunia.

Rabu (4/4) pukul 07.30 WIB, harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman bulan Juni 2024 naik 15 sen, atau 0,2%, menjadi US$ 89,51 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman bulan Mei 2024 naik 15 sen, atau 0,2% ke US$ 85,59 per barel.

Baik kontrak Brent bulan Juni maupun kontrak WTI bulan Mei telah meningkat selama empat hari terakhir dan ditutup pada hari Rabu pada level tertinggi sejak akhir Oktober.

Minyak menguat karena serangan Ukraina terhadap kilang-kilang Rusia telah mengurangi pasokan bahan bakar dan di tengah kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas di Gaza dapat meluas hingga mencakup Iran, sehingga mungkin mengganggu pasokan di kawasan utama Timur Tengah.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup di Level Tertinggi dalam 5 Bulan Ditopang Risiko Pasokan

Pertemuan para menteri utama Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia, mempertahankan kebijakan pasokan minyak tidak berubah pada hari Rabu dan menekan beberapa negara untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pengurangan produksi.

Kelompok tersebut mengatakan beberapa anggota akan mengkompensasi kelebihan pasokan pada kuartal pertama. Ia juga mengatakan Rusia akan beralih ke produksi daripada membatasi ekspor.

Juga pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell berhati-hati mengenai penurunan suku bunga di masa depan karena data terbaru menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan.

Komentar tersebut positif bagi minyak karena mengindikasikan pertumbuhan ekonomi AS yang solid, kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di grup manajemen aset Bank AS.

Di Timur Tengah, Iran telah bersumpah akan membalas dendam terhadap Israel atas serangan pada hari Senin yang menewaskan personel militer tingkat tinggi Iran. Iran adalah produsen terbesar ketiga di OPEC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×