kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik Kamis (4/4), Brent ke US$89,39 dan WTI US$85,45


Kamis, 04 April 2024 / 14:35 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Kamis (4/4), Brent ke US$89,39 dan WTI US$85,45
ILUSTRASI. Minyak mentah. REUTERS/Bing Guan


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik tipis pada hari Kamis (4/4) di tengah kekhawatiran berkurangnya pasokan. Produsen utama mempertahankan pengurangan produksi dan tanda-tanda pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lebih kuat di AS, konsumen minyak terbesar di dunia.

Melansir Reuters, harga minyak Brent untuk bulan Juni naik 4 sen menjadi US$89,39 per barel pada pukul 06.51 GMT.

Sedangkan, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk bulan Mei naik 2 sen menjadi US$85,45 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik Terus, Dipicu Kesepakatan OPEC+ hingga Prospek Ekonomi AS

Pertemuan para menteri utama Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) termasuk Rusia, mempertahankan kebijakan pasokan minyak tidak berubah pada hari Rabu dan menekan beberapa negara untuk meningkatkan kepatuhan terhadap pengurangan produksi.

Kelompok tersebut mengatakan beberapa anggota akan mengkompensasi kelebihan pasokan pada kuartal pertama. Ia juga mengatakan Rusia akan beralih ke produksi daripada membatasi ekspor.

Baik kontrak Brent bulan Juni maupun kontrak WTI bulan Mei telah meningkat selama empat hari terakhir dan ditutup pada hari Rabu pada level tertinggi sejak akhir Oktober.

Analis di ING mengatakan, harga minyak terus naik setelah pertemuan OPEC+ merekomendasikan tidak ada perubahan pada kebijakan produksi.

"Brent menghadapi beberapa resistensi di level US$90/bbl, dan sejauh ini tidak mampu menembus di atasnya," kata analis ING.

Juga pada hari Rabu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell berhati-hati mengenai penurunan suku bunga di masa depan karena data terbaru menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan.

Komentar tersebut positif bagi minyak karena mengindikasikan pertumbuhan ekonomi AS yang solid, kata Rob Haworth, ahli strategi investasi senior di grup manajemen aset Bank AS.

Baca Juga: Harga Minyak Lanjut Menguat Pagi Ini, di Tengah Kekhawatiran Berkurangnya Pasokan

Kenaikan harga minyak baru-baru ini terjadi setelah serangan Ukraina terhadap kilang Rusia yang mengurangi pasokan bahan bakar dan kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas di Gaza dapat meluas hingga mencakup Iran, sehingga mungkin mengganggu pasokan di kawasan utama Timur Tengah.

Iran telah bersumpah membalas dendam terhadap Israel atas serangan pada hari Senin yang menewaskan personel militer tingkat tinggi Iran. Iran adalah produsen terbesar ketiga di OPEC.

“Meskipun (keputusan OPEC+) ini sudah diperkirakan secara luas, hal ini memberikan jaminan bahwa meningkatnya ketegangan di Timur Tengah baru-baru ini tidak mengubah pandangan kelompok tersebut terhadap pasar,” kata analis ANZ dalam sebuah catatan pada hari Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×