kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik Kamis (14/3), Brent ke US$84,14 dan WTI ke US$79,82


Kamis, 14 Maret 2024 / 14:22 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Kamis (14/3), Brent ke US$84,14 dan WTI ke US$79,82
ILUSTRASI. An oil pump of IPC Petroleum France is seen at sunset outside Sommesous, near Reims, France, February 28, 2022.? REUTERS/Pascal Rossignol


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik pada awal perdagangan hari Kamis (14/3), didukung oleh kuatnya permintaan di Amerika Serikat (AS) setelah stok bensin mencapai titik terendah dalam tiga bulan dan stok minyak mentah turun secara tak terduga.

Dengan kekhawatiran pasokan masih ada setelah serangan Ukraina terhadap kilang Rusia.

Melansir Reuters, minyak Brent untuk bulan Mei naik 11 sen atau 0,13% menjadi US$84,14 per barel pada 0652 GMT. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk bulan April naik 10 sen atau 0,13% menjadi US$79,82 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Stabil Tinggi Pada Kamis (14/3) Pagi, Didukung Penurunan Stok Minyak AS

Kedua kontrak tersebut telah meningkat sekitar 3% ke level tertinggi empat bulan pada hari Rabu karena meningkatnya prospek permintaan AS dan meningkatnya risiko geopolitik.

"Ekspor produk AS yang kuat menyebabkan stok bensin turun ke level terendah dalam tiga bulan. Kenaikan harga bensin mendukung penyebaran retakan bagi penyulingan. Pasar juga bereaksi terhadap meningkatnya risiko geopolitik setelah pesawat tak berawak Ukraina menyerang kilang Rusia," kata analis ANZ dalam catatannya ke salah satu kliennya.

Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan, persediaan bensin AS turun selama enam minggu berturut-turut, turun 5,7 juta barel menjadi 234,1 juta barel. Atau tiga kali lipat ekspektasi penurunan 1,9 juta barel.

Stok bahan bakar kendaraan bermotor di Gulf Coast AS turun ke level terendah sejak November 2022. Sementara pasokan bensin kendaraan bermotor, yang merupakan representasi dari permintaan, naik tipis 30.000 barel per hari menjadi lebih dari 9 juta barel per hari untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Pada Rabu (13/3) Pagi, Didukung Penurunan Stok AS

Stok minyak mentah AS juga turun secara tak terduga seiring dengan meningkatnya pengolahan.

Mendukung sisi permintaan, AS membeli sekitar 3,25 juta barel minyak untuk Cadangan Minyak Strategis negara tersebut untuk pengiriman bulan Agustus.

Dari segi pasokan, serangan drone Ukraina terhadap fasilitas penyulingan Rusia berlanjut untuk hari kedua pada hari Rabu, menyebabkan kebakaran di kilang terbesar Rosneft dalam salah satu serangan paling serius terhadap sektor energi Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

"Peningkatan harga minyak baru-baru ini disebabkan oleh faktor sisi pasokan yang lebih ketat, dan mengingat peristiwa risiko minggu depan (hasil pertemuan FOMC The Fed pada tanggal 20 Maret), kita mungkin melihat beberapa konsolidasi pada US$80,55/81,65 per minyak." zona resistensi barel untuk minyak mentah WTI," kata analis pasar senior di OANDA Kelvin Wong.

Baca Juga: Kenaikan Harga Minyak Dibatasi Oleh Kekhawatiran Permintaan

Di Ryazan, serangan drone menyebabkan kebakaran di kilang Rosneft. Dua sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa kilang tersebut terpaksa menutup dua unit penyulingan minyak utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×