kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik Jumat (19/1): Brent ke US$79,12 dan WTI ke US$74,21


Jumat, 19 Januari 2024 / 15:27 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Jumat (19/1): Brent ke US$79,12 dan WTI ke US$74,21
ILUSTRASI. Harga minyak mentah


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik karena ketegangan geopolitik dan gangguan produksi minyak di AS, produsen terbesar dunia pada hari Jumat (19/1).

Cuaca dingin menutupi kekhawatiran tentang lambatnya pertumbuhan permintaan minyak China dan perkiraan pasokan yang melimpah.

Minyak mentah Brent naik 2 sen menjadi US$79,12 per barel pada pukul 0715 GMT. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 13 sen menjadi US$74,21 per barel.

Kedua minyak acuan tersebut naik sekitar 2% pada hari Kamis (18/1) karena Badan Energi Internasional (IEA) bergabung dengan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dalam memperkirakan pertumbuhan kuat permintaan minyak global.

Baca Juga: Melebarnya Konflik di Timur Tengah Berpotensi Kian Menyulut Harga Minyak Mentah

Pada pekan ini, WTI berada di jalur kenaikan sekitar 2% dan Brent diperkirakan naik 1%.

Pada hari Kamis, IEA kembali menaikkan perkiraan pertumbuhan permintaan minyak global tahun 2024, meskipun proyeksinya masih lebih rendah dari perkiraan OPEC.

IEA mengatakan, pasar terlihat memiliki pasokan yang baik karena kuatnya pertumbuhan di luar kelompok produsen.

IEA memperkirakan, pasokan minyak dunia akan meningkat sebesar 1,5 juta barel per hari (bpd) ke level tertinggi baru sebesar 103,5 juta barel per hari pada tahun 2024. Didorong oleh produksi yang memecahkan rekor dari AS, Brasil, Guyana, dan Kanada.

Pakistan melancarkan serangan terhadap militan separatis di Iran pada hari Kamis, sebagai serangan balasan dua hari setelah Teheran mengatakan pihaknya menyerang pangkalan kelompok lain di wilayah Pakistan.

Baca Juga: Konflik Makin Panas, Minyak Mendidih

“Ketika ketegangan di Timur Tengah menyebar, para pedagang tidak ingin mengambil posisi short, namun mereka juga berhati-hati untuk terus membangun posisi long karena pemulihan ekonomi Tiongkok masih lambat,” kata Hiroyuki Kikukawa, presiden NS Trading, sebuah unit dari Nissan Sekuritas.

Ada juga kekhawatiran bahwa konflik AS-China akan kembali menarik perhatian menjelang pemilihan presiden AS, yang akan berdampak negatif terhadap permintaan energi, katanya.

"Kecuali ketegangan di Timur Tengah meningkat lebih lanjut, WTI kemungkinan akan terus diperdagangkan dalam kisaran $70-$76," katanya.

Dua kapal tanker minyak yang menyimpang dari Laut Merah telah berbalik arah dan melewati Selat Bab al-Mandab di lepas pantai Yaman, menurut data pelacakan kapal.

Meskipun ketegangan di kawasan terus mengganggu pelayaran dan perdagangan global.

Baca Juga: UPDATE Harga Minyak Dunia Kamis (18/1): Brent ke US$78,37 dan WTI ke US$73,26

Lalu lintas kapal tanker melalui Selat Bab al-Mandab pada 13-17 Januari turun 58% dibandingkan periode yang sama tahun 2023, menurut data dari konsultan Vortexa.

Serangan terhadap kapal-kapal AS oleh pemberontak Houthi di Yaman berlanjut pada hari Kamis, hampir seminggu setelah AS dan Inggris melancarkan serangan terhadap posisi mereka.

Badan Informasi Energi AS (EIA) pada hari Kamis melaporkan penurunan persediaan minyak mentah yang lebih besar dari perkiraan sebesar 2,5 juta barel karena kuatnya permintaan dari kilang pada pekan yang berakhir 12 Januari, namun persediaan bensin dan sulingan naik ke level tertinggi dalam beberapa tahun.

Sementara itu, sekitar 40% produksi minyak di North Dakota, negara bagian AS yang merupakan penghasil minyak terbesar, tetap ditutup karena cuaca dingin ekstrem dan tantangan operasional, kata otoritas saluran pipa negara bagian tersebut pada hari Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×