kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,72   4,08   0.44%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak bergerak stabil menanti kepastian pemangkasan produksi OPEC lebih dalam


Senin, 10 Februari 2020 / 13:07 WIB
Harga minyak bergerak stabil menanti kepastian pemangkasan produksi OPEC lebih dalam
ILUSTRASI. Harga minyak mentah stabil di tengah kekhawatiran virus corona


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGPURA. Harga minyak mentah turun tipis menanti kebijakan OPEC+ untuk memangkas produksi lebih lanjut guna menyeimbangkan pasar usai wabah virus corona merebak.

Mengutip Reuters, harga minyak mentah sudah turun lebih dari 20% sejak mencapai puncaknya di pertengahan Januari lalu. Penyebaran virus yang mirip flu memang telah memukul permintaan dari importir minyak mentah terbesar di dunia dan memicu kekhawatiran kelebihan pasokan lebih banyak.

Senin (10/2) pukul 12.45 WIB, harga minyak Brent turun tipis ke US$ 54,37 per barel. Setali tiga uang, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) tetap berada di US% 50,24 per barel, setelah sempat mencapai level terendahnya di US$ 49,56 per barel. 

"Sentimen keseluruhan masih bearish tetap pasar sudah overshold," kata Avtar Sandu, manajer komoditas Phillips Futures di Singapura kepada Reuters

Baca Juga: Harga minyak turun, dipicu memudarnya harapan pertemuan OPEC+ untuk bahas efek corona

Dia menambahkan, investor sudah mengambil untuk setelah harga sempat mencapai level terendah. 

Langkah China yang telah mengatur dukungan pasar keuangan dalam sepekan terakhir menjadi sentimen positif bagi emas hitam ini. Namun, pasar juga berharap lebih banyak stimulus guna mengangkat perekonomian terbesar kedua di dunia ini. 

"Selalu ada harapan untuk stimulus baru di pasar yang akan mendukung ekonomi," kata Sandu. 

Sementara itu kekhawatiran atas pasokan tidak berkurangnya setelah Rusia menyebut perlu lebih banyak waktu untuk memutuskan OPEC+ untuk menambah pengurangan produksi sebanyak 600.000 barel per hari. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×