kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Bitcoin Hari Ini (15/6) Turun Lagi, Apa Penyebab Pasar Kripto Rontok?


Rabu, 15 Juni 2022 / 08:11 WIB
Harga Bitcoin Hari Ini (15/6) Turun Lagi, Apa Penyebab Pasar Kripto Rontok?
ILUSTRASI. Harga Bitcoin Hari Ini (15/6) Turun Lagi, Apa Penyebab Pasar Kripto Rontok?


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin kembali turun pada perdagangan hari ini, Rabu 15 Juni 2022. Selain Bitcoin, harga uang kripto lain juga masih terjebak di zona merah. Apa penyebab pasar uang kripto rontok pada Mei 2022 ini?

Coinmarketcap mencatat, harga uang kripto Bitcoin pada perdagangan Rabu 15 Juni 2022 pukul 08.05 WIB di level US$ 21.825,49, turun 1,04% dalam 24 jam terakhir. Dalam seminggu perdagangan, harga Bitcoin sudah turun sebesar 29,87%.

Pasar kripto sedang mengalami kondisi yang tidak baik. Para investor banyak melakukan aksi jual kepemilikan pada aset berisiko sehingga membuat harga aset kripto terkulai.

Aksi jual terjadi karena investor mulai terlihat panik dan tidak percaya terhadap pasar kripto dan mencoba menjual aset paling berisiko akibat potensi hambatan ekonomi makro dan kenaikan suku bunga.

Baca Juga: Harga Saham GOTO Tren Naik, Apakah Prospektif untuk Dibeli?

Chief Executive Officer (CEO) Triv Gabriel Rey mengatakan, secara fundamental tidak ada masalah pada Bitcoin/BTC. Kemarin, dari data onchain, pengguna bitcoin yang di atas 0,01 sudah tembus di atas 10 juta, belum termasuk transaksi yang di exchain yang tidak terikat di onchain.

"Berarti secara fundamental tidak ada permasalahan baik di onchain dan exchain semuanya bertumbuh. Bahkan saya juga bilang, di Triv walaupun harganya turun frekuensi transaksi tidak turun karena berbeda seperti 2018," ucap Gabriel kepada Kontan.co.id, Selasa (14/6).

Gabriel mengatakan, yang menjadi masalah utama saat ini adalah kasus Celcius karena merupakan kripto trader terbesar dan sekarang ada masalah mirip seperti TerraUSD.

"Ini menyebabkan pada perdagangan harga kripto kemarin benar-benar turun dan akhirnya orang-orang pada takut kalau kasus ini terjadi seperti TerraUSD, karena memang skalanya lebih besar," ujarnya.

Gabriel menyebut, koin yang populer saat ini Luna Clasic. Jadi banyak orang yang semakin berspekulan di Luna Clasic, bahkan kemarin harganya sempat naik di 700% lebih di Triv.

"Sementara koin yang paling banyak turun juga berasal dari Luna Clasic saat habis naik tinggi kemudian turun luar biasa," ucap Gabriel.

Gabriel memperkirakan, harga Bitcoin akan berada di level support di US$ 20.000, resistance di US$ 34.000. Sementara ETH saat ini support US$ 1000 dan level resistance berikutnya di US$ 1400.

Menurut Gabriel, sentimen sekarang masih ada ketakutan di pasar karena kasus Celsius. Gabriel mengatakan, Bitcoin masih menjadi yang paling menarik untuk dikoleksi karena 7% supplai Bitcoin yang beredar sekarang sudah dipegang publik company. 

"Pengguna ritel juga jumlahnya sudah bertambah. Jadi kalau mau investasi yang aman di Bitcoin tapi kalo memang suka alt coin pilihlah alt coin yang mempunyai fitur staking. Jadi setidaknya kalau harganya turun kita tetap dapat bunga atau dividen," ucap Gabriel.

Itulah perkembangan harga Bitcoin hari ini Rabu 15 Juni 2022 dan rekomendasi kripto. Ingat disclaimer on, investasi pada Bitcoin ataupun uang kripto lain berisiko tinggi. Segala kerugian investasi kripto menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×