kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dian Swastatika Sentosa (DSSA) Lakukan Restrukturasi Anak Usaha, Ini Alasannya


Jumat, 24 Maret 2023 / 11:10 WIB
Dian Swastatika Sentosa (DSSA) Lakukan Restrukturasi Anak Usaha, Ini Alasannya
ILUSTRASI. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) berencana melakukan restrukturisasi anak usaha seiring rencana PT Golden Energy and Resources Limited (GEAR) yang akan menjadi perusahaan tertutup.

Asal tahu, GEAR merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan dan tunduk pada hukum Singapura, terdaftar di Accounting and Corporate Regulatory Authority Singapura, dan tercatat di Bursa Efek Singapura (Singapore Exchange Limited. GEAR merupakan entitas anak DSSA dengan 77,49% sahamnya dimiliki oleh DSSA.

Rencana transaksi ini adalah rencana penerimaan saham PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) dan rencana pengalihan saham GEAR.

Total nilai rencana penerimaan Saham GEMS adalah sebesar US$ 1,20 miliar atau sejumlah 2,84 miliar saham GEMS. Penerimaan saham GEMS ini  akan dilakukan melalui dua skema. Pertama, rencana pembagian dividen saham (dividend in specie) berupa saham GEMS yang dimiliki oleh GEAR secara pro-rata kepada seluruh pemegang saham GEAR.

Kedua, rencana penurunan modal GEAR dengan cara pengembalian modal oleh GEAR secara pro-rata kepada seluruh pemegang saham GEAR dalam bentuk pembagian saham GEMS yang dimiliki oleh GEAR.

Baca Juga: Dian Swastatika Sentosa (DSSA) Masuk Ke Bisnis Kesehatan, Ini Kata Analis

Sementara itu, nilai dari rencana pengalihan saham GEAR adalah sebesar S$ 0,181 per saham atau setara dengan US$ 275,63 juta, dengan kurs sebesar SG$ 1,3423 per dolar AS. Jumlah tersebut setara 2, 04 miliar atau setara dengan 77,49% saham GEAR.

Saham GEAR yang dimiliki DSSA ini akan dialihkan kepada Duchess Avenue Pte. Ltd., suatu perusahaan berbasis di Singapura, yang dimiliki secara tidak langsung oleh Lanny Tranku, istri dari Indra Widjaja, yang bertindak selaku pembeli Saham GEAR dalam rencana pengalihan saham ini.

Setelah pelaksanaan Rencana Pengalihan Saham GEAR, GEAR akan melakukan langkah-langkah untuk menjadi perusahaan tertutup.

Sehubungan dengan rencana penerimaan saham GEMS tersebut, untuk mempertahankan kepemilikan saham mayoritas DSSA dalam GEMS, Dian Swastatika dan GEAR akan bertindak sebagai pembeli siaga untuk membeli saham GEMS yang dimiliki oleh GEAR dari pemegang saham yang berhak atas dana tunai pada harga SG$  0,569 per saham atau Rp 6.500 per saham.

 

Rencana restrukturisasi ini dinilai DSSA perlu untuk meningkatkan efisiensi atas pengelolaan dan pengembangan usaha serta pengambilan dan pelaksanaan keputusan dalam entitas anak. Oleh karena itu, DSSA berencana melakukan restrukturisasi entitas anak dan memfokuskan diri dalam melakukan pengembangan usaha di Indonesia.

Untuk melancarkan transaksi ini, DSSA akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa, 2 Mei 2023 pukul 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×