kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Resmi Melantai di BEI, Harga Sahamnya Turun


Senin, 08 Januari 2024 / 10:11 WIB
Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Resmi Melantai di BEI, Harga Sahamnya Turun
Direktur Utama Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Andika Purwonugroho saat pencatatan perdana saham di BEI, Jakarta, Senin (8/1).


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin (8/1). Harga saham CGAS sempat dibuka menguat hingga ke Rp 442 per saham, sebelum akhirnya berbalik melemah 6,51% ke harga Rp 316 per saham pada pukul 9.22 WIB. 

CGAS telah melepas sebanyak-banyaknya 531,4 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah saham yang dilepas lewat Initial Public Offering (IPO) setara 30% dari modal disetor dan ditempatkan penuh setelah IPO. Adapun total pesanan yang masuk mencapai 7,88 miliar saham. 

Citra Nusantara Gemilang telah menetapkan harga IPO sebesar Rp 338 per saham. Harga IPO ini berada di batas atas dari penawaran awal antara Rp 284-Rp 338 per saham. Alhasil, calon emiten yang akan menggunakan kode saham CGAS ini berpotensi mengantongi dana segar hingga Rp 179,62 miliar dari IPO. 

Baca Juga: Saham Citra Nusantara Gemiliang (CGAS) Listing Senin (8/1), Obersubscribed 14,84 Kali

Sementara nilai kapitalisasi pasarnya mencapai Rp 598,7 miliar. Saham emiten baru berkode CGAS tersebut bakal tercatat di papan pengembangan BEI. 

“CGAS menjadi perusahaan tercatat ke-2 di BEI tahun 2024,” jelas BEI dalam laporannya.

Selain itu, Citra Nusantara Gemilang juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 265,71 juta Waran Seri I atau sebesar 21,43% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. 

Waran Seri I akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru, yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang dua saham yang ditawarkan berhak memperoleh satu Waren Seri I.

“Setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham CGAS yang dikeluarkan dari portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 306 setiap Waran Seri I,” ungkap CGAS dalam prospektus IPO. 

Waran Seri I dapat dilaksanakan menjadi saham CGAS enam bulan sejak diterbitkan, yaitu tanggal 8 Juli 2024 sampai dengan tanggal 7 Januari 2025. Sedangkan untuk nilai hasil pelaksanaan Waren Seri I ini sebanyak-banyaknya sekitar Rp 81 miliar. 

Asal tahu saja, Citra Nusantara Gemilang merupakan perusahaan yang memfokuskan pada pengembangan gas alam terkompresi atawa compressed natural gas (CNG) di Indonesia melalui kegiatan usaha perdagangan dan distribusi gas alam.

Baca Juga: Masuk Tahun Baru, BEI Sudah Mengantongi 30 Pipeline IPO

Distribusi gas alam tersebut menggunakan moda transportasi ke daerah-daerah yang belum terjangkau oleh jaringan pipa gas dengan tekanan gas yang stabil dan aman. Gas alam tersebut digunakan untuk keperluan industri, transportasi, perumahan, dan pembangkit listrik swasta yang menggunakan gas sebagai sumber energinya. 

Pemasaran dilakukan secara business to business (B2B) dan business to consumer (B2C), menargetkan sektor industri, transportasi dan juga melayani jasa konsultasi terkait operasional dan perawatan peralatan gas alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×