kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Tetapkan Harga IPO Rp 338 Per Saham


Selasa, 02 Januari 2024 / 12:00 WIB
Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Tetapkan Harga IPO Rp 338 Per Saham
ILUSTRASI. Citra Nusantara Gemilang telah menetapkan harga IPO sebesar Rp 338 per saham yang merupakan batas atas harga penawaran.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) bersiap melenggang ke Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO). 

Mengutip prospektus yang terbit, Selasa (2/1), CGAS menawarkan sebanyak 531,4 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah saham yang dilepas lewat IPO ini setara 30% dari modal disetor dan ditempatkan penuh setelah IPO. 

Citra Nusantara Gemilang telah menetapkan harga IPO sebesar Rp 338 per saham. Harga IPO ini berada di batas atas dari penawaran awal antara Rp 284-Rp 338 per saham. Alhasil, calon emiten yang akan menggunakan kode saham CGAS ini berpotensi mengantongi dana segar hingga Rp 179,62 miliar dari IPO. 

Masa penawaran umum perdana saham CGAS berlangsung pada 2-4 Januari 2024. Sementara itu pencatatan saham dijadwalkan pada 8 Januari 2024. Adapun yang bertindak sebagai underwriter alias penjamin pelaksana emisi IPO adalah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca Juga: Memilih Saham IPO Paling Menarik, Antara ASLI, MANG, CGAS, NICE, SMLE, ACRO dan MSJA

Selain itu, Citra Nusantara Gemilang juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 265,71 juta Waran Seri I atau sebesar 21,43% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. 

Waran Seri I akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru, yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang dua saham yang ditawarkan berhak memperoleh satu Waren Seri I.

“Di mana setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham CGAS yang dikeluarkan dari portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 306 setiap Waran Seri I,” ungkap CGAS dalam prospektus IPO. 

Waran Seri I dapat dilaksanakan menjadi saham CGAS enam bulan sejak diterbitkan, yaitu tanggal 8 Juli 2024 sampai dengan tanggal 7 Januari 2025. Sedangkan untuk nilai hasil pelaksanaan Waren Seri I ini sebanyak-banyaknya sekitar Rp 81 miliar. 

Baca Juga: BEI Sudah Kantongi 30 Rencana IPO, Amankan Separuh dari Target 2024

Asal tahu saja, Citra Nusantara Gemilang merupakan perusahaan yang memfokuskan pada pengembangan gas alam terkompresi atawa compressed natural gas (CNG) di Indonesia melalui kegiatan usaha perdagangan dan distribusi gas alam. 

Distribusi gas alam tersebut menggunakan moda transportasi ke daerah-daerah yang belum terjangkau oleh jaringan pipa gas dengan tekanan gas yang stabil dan aman. 

Gas alam tersebut digunakan untuk keperluan industri, transportasi, perumahan, dan pembangkit listrik swasta yang menggunakan gas sebagai sumber energinya. 

Pemasaran dilakukan secara business to business (B2B) dan Business to Consumer (B2C), menargetkan sektor industri, transportasi dan juga melayani jasa konsultasi terkait operasional dan perawatan peralatan gas alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×