kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Segera IPO, Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Mengincar Dana Hingga Rp 179 Miliar


Kamis, 14 Desember 2023 / 19:07 WIB
Segera IPO, Citra Nusantara Gemilang (CGAS) Mengincar Dana Hingga Rp 179 Miliar
ILUSTRASI. Citra Nusantara Gemilang (CGAS) berpotensi mengantongi dana segar sekitar Rp 151 miliar hingga Rp 179 miliar.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Calon emiten di sektor minyak dan gas, PT Citra Nusantara Gemilang Tbk memantapkan aksinya untuk melantai ke Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui skema penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO).

Calon emiten yang akan menggunakan kode saham CGAS ini berencana melepas sebanyak-banyaknya 531,43 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah saham yang dilepas ini setara 30% dari modal disetor dan ditempatkan penuh setelah IPO.

CGAS menyodorkan harga penawaran awal kepada masyarakat di kisaran Rp 284 per saham-Rp 338 per saham. Dengan begitu, CGAS berpotensi mengantongi dana segar sekitar Rp 151 miliar hingga Rp 179 miliar. 

Penawaran awal IPO CGAS dimulai pada 14 Desember sampai dengan 19 Desember 2023. Bertindak sebagai underwriter alias penjamin pelaksana emisi IPO adalah Pilarmas Investindo Sekuritas.

Baca Juga: IPO Manggung Polahraya (MANG), Valuasi Harga Sahamnya Premium

Selain itu, Citra Nusantara Gemilang juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 265,71 juta Waran Seri I atau sebesar 21,43% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka Penawaran Umum Perdana Saham ini disampaikan. 

Waran Seri I akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru, yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada tanggal penjatahan. Setiap pemegang dua saham yang ditawarkan berhak memperoleh satu Waren Seri I.

“Di mana setiap satu Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham CGAS yang dikeluarkan dari portepel dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 306 setiap Waran Seri I,” ungkap CGAS dalam prospektus IPO, Kamis (14/12). 

Baca Juga: Sejumlah Emiten Baru Tembus Jajaran Market Cap Terbesar di BEI

Waran Seri I dapat dilaksanakan menjadi saham perseroan enam bulan sejak diterbitkan, yaitu tanggal 8 Juli 2024 sampai dengan tanggal 7 Januari 2025. Sedangkan untuk nilai hasil pelaksanaan Waren Seri I ini sebanyak-banyaknya sekitar Rp 81 miliar. 

Asal tahu saja, Citra Nusantara Gemilang merupakan perusahaan yang memfokuskan pada pengembangan gas alam terkompresi atawa compressed natural gas (CNG) di Indonesia melalui kegiatan usaha perdagangan dan distribusi gas alam. Distribusi menggunakan moda transportasi ke daerah-daerah yang belum terjangkau oleh jaringan pipa gas dengan tekanan gas yang stabil dan aman. 

Gas alam tersebut digunakan untuk keperluan industri, transportasi, perumahan, dan pembangkit listrik swasta yang menggunakan gas sebagai sumber energinya. 

Pemasaran dilakukan secara business to business (B2B) dan Business to Consumer (B2C), menargetkan sektor industri, transportasi dan juga melayani jasa konsultasi terkait operasional dan perawatan peralatan gas alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×