kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI Targetkan Nilai Transaksi Dari Waran Terstruktur Capai 10%


Senin, 23 Mei 2022 / 20:18 WIB
BEI Targetkan Nilai Transaksi Dari Waran Terstruktur Capai 10%
ILUSTRASI. Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah siap menerbitkan produk waran terstruktur seiring dengan penerbitan Peraturan Bursa terkait Produk Waran Terstruktur. 

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi menargetkan nilai waran terstruktur dapat mencapai lebih dari 10%.

"Namun, kami menargetkan untuk tahap pertama setidaknya (nilai transaksi waran terstruktur) ada 0,5% sampai 1% dari turnover harian dapat dicapai," jelas Hasan kepada Kontan, Jumat (20/5).

Namun, Hasan berharap secara bertahap nilai transaksi dari waran terstruktur akan meningkat seiringan dengan bertambahan jumlah penerbit dan seri waran terstruktur. 

BEI juga berkaca dari nilai transaksi di kawasan ASEAN yang memiliki animo yang besar dan perdagangan yang aktif.

Baca Juga: BEI Targetkan Waran Terstruktur Meluncur di Awal Semester II-2022

Dia mencontohkan, nilai transaksi waran terstruktur di Malaysia mencapai 2,5% dari total turnover hariannya dan di Hong Kong mencapai 6% dari turnover harian. Sementara, di Thailand nilai transaksi waran terstruktur ini bahkan sudah mencapai 11% dari turnover harian.

Berkaca dengan negara tetangga yang serumpun, Hasan menyebutkan target akhir dari nilai transaksi waran terstruktur ini bisa mencapai lebih dari 10% di perdagangan dari turnover harian bursa, seperti Thailand.

"Mungkin 10% dari nilai turnover bisa tercapai pada saatnya. Di tahun kelima produk ini relatif matang kita harapkan sudah tercapai angka tersebut dan menjadi angka yang disumbangkan oleh waran terstruktur untuk transaksi harian di Bursa Efek kita," imbuhnya.

Sementara, Hasan menjelaskan menjelaskan secara praktis peluncuran waran terstruktur dari sistem hingga pengaturan sudah siap. Dia berharap setidaknya, di awal Semester II ini, sudah ada produk waran terstruktur yang dicatatkan dan dapat diperdagangkan di Bursa.

Adapun, BEI masih menunggu pionir yang akan menjadi penerbit dari waran terstruktur untuk kemudian dicatatkan dan diperdagangkan di Bursa. Hasan menyebut sudah ada dua anggota bursa yang secara intens dan mengajikan diri sebagai penerbit.

Baca Juga: Cek Kondisi Pasar Waran Terstruktur, BEI Akan Luncurkan Tipe Call Warrant

Untuk gambaran, waran terstruktur merupakan efek yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu efek dasar atau underlying securities pada harga dan tanggal yang telah ditentukan yang diterbitkan oleh Anggota Bursa (AB).

Mekanisme perdagangan waran terstruktur mirip dengan perdagangan waran. AB penerbit waran terstruktur dapat memilih saham konstituen indeks IDX30 yang ditetapkan oleh BEI sebagai underlying securities.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×