kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI dan Pefindo Meluncurkan Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank


Rabu, 04 Oktober 2023 / 14:58 WIB
BEI dan Pefindo Meluncurkan Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank
ILUSTRASI. BEI dan Pefindo meluncurkan indeks sektor perbankan baru bernama IDX-PEFINDO Prime Bank pada Rabu (10/4). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) meluncurkan indeks sektor perbankan baru bernama IDX-PEFINDO Prime Bank pada Rabu (10/4). 

Pj. S. Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Kautsar Primadi Nurahmad menjelaskan indeks ini mencakup sub-sektor bank yang tercatat di BEI selain indeks InfoBank15 yang telah meluncurkan pada 7 November 2012. 

"Konstituen indeks perbankan dengan peringkat tertinggi berdasarkan faktor investment rating, likuiditas, total  asset, kapitalisasi pasar, valuasi, dan legal," kata Kautsar dalam keterangan resmi, Rabu (4/10). 

Metode penghitungan indeks IDX-PEFINDO Prime Bank menggunakan Adjusted Market Capitalization Weighted yang disesuaikan berdasarkan rasio free float dengan menerapkan pembatasan bobot saham paling tinggi sebesar 35%. 

Baca Juga: Elnusa (ELSA) Raih Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Kautsar menuturkan kehadiran Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank diharapkan dapat menjadi alternatif panduan baru untuk berinvestasi pada saham-saham di sektor perbankan. 

Di masa mendatang, Indeks IDX-PEFINDO Prime Bank dapat dijadikan acuan bagi penciptaan produk investasi berbasis indeks, seperti reksa dana indeks maupun Exchange Traded Fund (ETF). 

"Sehingga investor dapat lebih mudah berinvestasi pada saham-saham sub-sektor bank yang memiliki peringkat investment grade dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik," jelas dia. 

Konstituen awal indeks IDX-PEFINDO Prime Bank berisikan saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). 

Kemudian ada saham PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), PT Bank BTPN Tbk (BTPN), PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) dan PT Bank Panin Indonesia Tbk (PNBN).

Baca Juga: Kredit Korporasi Bank Big Cap Melesu Kendati Kredit Bermasalah Melandai

Asal tahu, saham perbankan yang tercatat di BEI menguasai 33% kapitalisasi pasar modal di Indonesia. Saham perbankan juga dominan di antara saham-saham yang likuid dan kapitalisasi pasar besar. 

Hal ini ditunjukkan dari kapitalisasi pasar pada indeks IDX80, LQ45, dan IDX30 dengan porsi saham perbankan lebih dari 45% untuk indeks LQ45 dan IDX30.

Selanjutnya: Inacraft On October 2023, BNI Ajak UMKM Go Global

Menarik Dibaca: Promo Sociolla Road to 10.10 Periode 2-9 Oktober 2023, Aneka Skincare Diskon s/d 60%!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×