kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Anak usaha Japfa (JPFA) mendirikan perusahaan patungan pembiakan udang


Minggu, 11 Oktober 2020 / 22:25 WIB
Anak usaha Japfa (JPFA) mendirikan perusahaan patungan pembiakan udang
ILUSTRASI. Perusahaan patungan Japfa (JPFA) akan memiliki dan mengoperasikan pusat pembiakan induk udang di Indonesia.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Suri Tani Pemuka, telah menandatangani joint venture agreement atau perjanjian patungan dengan Hendrix Genetics Aquaculture BV, Jumat (9/10). 

Perjanjian itu menyepakati untuk mendirikan perusahaan patungan yang akan memiliki dan mengoperasikan pusat pembiakan induk udang di Indonesia. 

Asal tahu saja, Suri Tani Pemuka adalah anak usaha Japfa di bidang produksi pakan ikan dan pakan udang. Selain itu, Suri Tani Pemuka juga melakukan  pembenihan, pembesaran ikan, serta  pengolahan produk ikan dan udang.

Sementara itu, Hendrix Genetics Aquaculture merupakan entitas induk dari unit bisnis Aqua Genetics dari Herdrix Genetics grup. HG Grup adalah pemasok utama indukan udang yang bebas patogen. Indukan tersebut khusus dikembangkan secara genetik untuk industri udang Indonesia.

Baca Juga: Ini rekomendasi Japfa (JPFA) dan Charoen Pokphand (CPIN) saat harga ayam naik

Dengan adanya perusahaan patungan ini, Hendrix Genetics Aquaculture dapat menyediakan pasokan untuk industri udang Indonesia dari dalam negeri, melalui pusat pembiakan induk . Ketersediaan indukan udang berkualitas tinggi diharapkan bisa mendukung industri udang di Indonesia. Ini sejalan dengan visi pemerintah yakni meningkatkan produksi udang lndonesia. 

Adapun modal awal perusahaan patungan itu sebesar Rp 20 miliar. Suri Tani Pemuka mengambil bagian hingga 49% atau Rp 9,8 miliar. Sementara 51% lainnya atau setara Rp 10,2 miliar merupakan bagian Hendrix Genetics Aquaculture.

Baca Juga: Harga ayam broiler naik, ini rekomendasi saham Japfa Comfeed (JPFA)

Selain itu, Suri Tani Pemuka akan membangun dan memiliki pusat pembiakan induk senilai Rp 3,5 miliar atau sekitar US$ 2,3 juta untuk disewakan kepada perusahaan patungan selama 10 tahun pertama dengan harga pasar. Adapun langkah untuk membeli pusat pembiakan induk itu juga dengan harga pasar. 

"Suri Tani Pemuka akan mendanai investasinya di perusahaan patungan dan pusat pembiakan induk melalui sumber dana internal dan/atau pinjaman bank," jelas Sekretaris Perusahaan Japfa Comfeed Maya Pradiono dalam keterbukaan informasi, Jumat (9/10). Diharapkan, transaksi tersebut tidak memberikan dampak material terhadap nilai aset berwujud bersih konsolidasi per saham dan laba konsolidasi per saham untuk tahun buku berjalan. 

Baca Juga: Akuisisi So Good belum terasa tahun ini, kinerja Japfa (JPFA) bisa tertahan konsumsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×