kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anabatic siap akuisisi 3 perusahaan IT di Asia


Rabu, 17 Juni 2015 / 19:26 WIB
Anabatic siap akuisisi 3 perusahaan IT di Asia


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Uji Agung Santosa

SERPONG. PT Anabatic Technologies ingin fokus memperluas pangsa pasarnya di kawasan regional. Tahun ini Anabatic berencana mengakuisisi tiga perusahaan IT di Malaysia dan Hong Kong dengan nilai investasi sekitar Rp 79,2 miliar.

Dana akusisi tersebut akan dianggarakan dari dana IPO yang akan segera dilakukan perusahaan. Handojo Sutjipto, Direktur Utama Anabatic mengatakan rencana akuisisi perusahaan tersebut dilakukan untuk mempersiapkan diri memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Tapi ini masih dalam tahap penjajakan,” kata Handojo pada KONTAN, Rabu (17/6).

Dua perusahaan yang hendak diakuisisi ada di Malaysia. Untuk akuisisi satu perusahaan, Anabatic menyiapkan investasi sekitar US$ 2 juta. Dengan demikian, investasi untuk tiga perusahaaan US$ 6 juta atau setara dengan Rp 79,2 miliar dengan asumsi kurs Rp 13.200.

Selain berencana mengakuisi perusahaan IT yang sudah beroperasi, Anabatic juga berencana membuka kantor cabang baru di Vietnam untuk memperluas pangsa pasarnya. Anabatic tertarik menyasar negara ini lantaran memiliki pangsa pasar yang besar.

Tak hanya itu, Anabatic juga memiliki rencana menjalin kerjasama dengan perusahaan e-commerce China. “Ini baru tahap pembicaraan, kita belum masuk hitung-hitungan investasi,” kata Handojo.

Seperti diketahui, Anabatic akan melepas saham ke publik sebanyak-banyak 642,85 juta lembar atau setara 30% modal ditempatkan dan disetor penuhnya ke publik di awal semester kedua tahun ini.

Saham perdana tersebut akan dilepas dengan harga Rp 650-Rp 800 per lembar saham. Dengan demikian, dana yang bisa diraup Anabatic sekitar Rp 417,8 miliar sampai Rp 514,2 miliar.

Dana hasil IPO rencananya akan digunakan untuk pengembangan bisnis, membayar utang, dan modal kerja. Rinciannya senilai 20% dianggarkan untuk kebutuhan modal kerja perseroan dan entitas anak. Kemudian sebesar 60% akan dimanfaatkan untuk penembangan produk piranti lunak.

Dan 20% sisanya akan dipakai untuk membayar utang perseroan. Utang-utang yang akan dibayarkan adalah fasilitas kredit Rp 10 miliar dan US$ 2 juta dari PT Bank Resona Perdania, demand loan Rp 9,5 miliar dari PT Bank OCBC Nisp Tbk (NISP), dan invoice financing US$ 7,5 juta dari PT Bank Permata Tbk (BNLI). Apabila ditotal, utang tersebut berjumlah Rp 142,5 miliar.

Masa penawaran IPO Anabatic akan berlangsung 5 -16 Juni. Perkiraan tanggal efektifnya adalah 25 Juni. Penawaran umum akan dilakukan 29 sampai 30 Juni dan 1 Juli dan pencatatan saham di BEI adalah 6 Juli. Untuk aksi ini, Anabatic menunjuk PT Bahana Securities sebagai penjamin emisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×