kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Testimoni The Fed Menenangkan Pasar, Kurs Rupiah Menguat


Jumat, 14 Januari 2022 / 19:57 WIB
Testimoni The Fed Menenangkan Pasar, Kurs Rupiah Menguat
ILUSTRASI. Jumat (14/1), rupiah melemah 0,01% ke Rp 14.296 per dolar Amerika Serikat (AS).


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kekhawatiran pasar terhadap pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve (The Fed) mereda. Investor tampak lega karena tidak ada kejutan besar dalam testimoni Gubernur The Fed Jerome Powell kepada Kongres di tengah minggu ini. Rupiah jadi bergerak menguat sepekan ini. 

Mengutip Bloomberg, Jumat (14/1), rupiah melemah 0,01% ke Rp 14.296 per dolar Amerika Serikat (AS). Dalam sepekan rupiah menguat 0,38%. 

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengatakan, rupiah di pekan ini menguat setelah Powell mengeluarkan testimoni yang meredakan kekhawatiran pasar terhadap inflasi AS yang tinggi. "The Fed meyakinkan bahwa kenaikan suku bunga dan tapering yang dilakukan memang diperlukan untuk ekspansi ekonomi, dan dia meyakinkan dapat mengendalikan inflasi," kata Alwi, Jumat (14/1). 

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat di Pekan Depan

Seiring dengan The Fed yang menenangkan pasar, penguatan dolar AS yang dijadikan sebagai safe haven mulai memudar. Selain itu, data CPI dan PPI AS yang sesuai dengan perkiraan, investor jadi sudah mulai terbiasa dalam merespons kenaikan suku bunga dan tapering AS. 

Selain itu, rupiah berhasil menguat karena pelaku pasar cenderung melakukan aksi profit taking atau ambil untung terhadap dolar AS. 

Senior Economist Samuel Sekuritas Fikri C. Permana juga mengamati pernyataan The Fed berhasil meredakan kekhawatiran pasar terhadap taper tantrum. Alhasil, sentimen risk on mulai muncul dan pelaku pasar melepas dolar AS, sehingga rupiah berhasil menguat di pekan ini. 

Fikri mengekspektasikan rentang rupiah pekan depan berada di Rp 14.170 per dolar AS-Rp 14.470 per dolar AS. Sedangkan, Alwi memproyeksikan rupiah di pekan depan bergerak di rentang Rp 14.200 per dolar AS-Rp 14.400 per dolar AS. 

Baca Juga: Kurs Rupiah Jisdor Ditutup Rp 14.310 per Dolar AS Jelang Akhir Pekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×