kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -908,54   -100.00%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek Emiten Ritel Tersengat Sentimen Lebaran, Cermati Rekomendasi Analis


Senin, 15 April 2024 / 13:45 WIB
Prospek Emiten Ritel Tersengat Sentimen Lebaran, Cermati Rekomendasi Analis
ILUSTRASI. Suasana gerai Planet Sports Asia?dengan konsep baru di Senayan City, Jakarta (3/11/2023). Prospek Emiten Ritel Tersengat Sentimen Lebaran, Cermati Rekomendasi Analis.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja emiten sektor ritel diproyeksi jauh lebih baik pada tahun 2024. Ekspansi pembukaan toko baru diharapkan dapat diikuti oleh meningkatnya konsumsi masyarakat.

Analis Bahana Sekuritas Christine Natasya melihat, emiten ritel mencatatkan raihan pendapatan yang kuat pada tahun 2023, meskipun dari sisi laba masih lemah.

Misalnya, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) mencetak pertumbuhan pendapatan dua digit pada kuartal IV-2023. Tapi, keuntungannya turun karena margin tahunan yang lebih rendah.

Walaupun begitu, Christine melihat prospek kinerja yang lebih baik bagi emiten ritel segmen menengah ke atas seperti ACES, ERAA, MAPI di tahun 2024. Ekspansi pembukaan toko baru dan strategi memaksimalkan produktivitas toko bakal menjadi pendorong di tahun 2024.

Baca Juga: Kinerja Emiten Ritel Dipoles Ekspansi Toko dan Lebaran

MAPI juga memasang panduan yang lebih optimistis dengan target pendapatan naik 25% yoy di 2024. 

Perusahaan ini berencana memperluas jaringan tokonya secara signifikan dan mengantisipasi pertumbuhan top-line yang kuat, meskipun pertumbuhan penjualan tiap toko atau Same Sales Store Growth (SSSG) diperkirakan moderat.

"Kami percaya pada kenaikan lebih lanjut MAPI, tergantung pada seberapa cepat toko baru akan berkembang," kata Christine kepada KONTAN, pekan lalu.

Sedangkan ERAA mengutamakan pembukaan toko yang lebih menjanjikan dengan format yang lebih kecil, seperti EraBlu. ERAA juga berencana menjual aksesoris ponsel secara massal untuk meningkatkan keterikatan pelanggan terhadap toko Erajaya.

Kalau kinerja ACES masih didukung oleh rencana perusahaan membuka 15 hingga 20 toko baru, sembari menutup maksimal 10 toko yang berkinerja buruk. 

Baca Juga: Sederet Emiten Ramai Menggelar Buyback, Cermati Rekomendasi Saham Berikut Ini

Bahana Sekuritas memperkirakan ACES raup pendapatan sebesar Rp 8,37 triliun yang sejalan dengan panduan pertumbuhan dari ACES sekitar 10% yoy.

Ekspansi ACES ke luar Pulau Jawa dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan karena persaingan yang lebih rendah. Selain itu, laba operasional diperkirakan meningkat berkat biaya sewa yang lebih rendah.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×