kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Prospek AKR Corporindo (AKRA) akan ditunjang penjualan lahan JIIPE


Kamis, 25 Maret 2021 / 21:40 WIB
Prospek AKR Corporindo (AKRA) akan ditunjang penjualan lahan JIIPE
ILUSTRASI. Petugas berjaga di pelabuhan yang berada di kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (8/5). Prospek AKR Corporindo (AKRA) akan ditunjang penjualan lahan JIIPE.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penjualan lahan di kawasan Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) diperkirakan akan menjadi pendorong kinerja PT AKR Corporindo (AKRA) ke depan.

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu mengatakan, kontribusi JIIPE terhadap laba bruto mix per Desember 2020 sebesar 9%. Kontribusi laba bruto terbesar masih disumbang oleh segmen perdagangan dan distribusi, yakni 83%.

Ke depan, Suresh memproyeksi kontribusi JIIPE terhadap laba bruto AKRA bakal meningkat. “Di 2023, dengan asumsi penjualan 40 hektar-45 hektar per tahun, kontribusi JIPE bisa meningkat jadi 23%,” terang Suresh dalam webinar yang digelar Mirae Asset Sekuritas, Kamis (25/3).

Presiden Direktur AKRA, Haryanto Adikoesoemo, mengatakan setidaknya  terdapat lima kelebihan JIIPE sebagai kawasan industri. Pertama, JIIPE saat ini merupakan satu-satunya kawasan industri yang terintegrasi dengan laut dan terutilisasi dengan pembangkit listirik, sehingga dapat menurunkan biaya logistik tenan.

Baca Juga: IHSG diproyeksi menguat, simak 7 saham rekomendasi Binaartha Sekuritas, Jumat (26/3)

JIIPE sudah memiliki  izin amdal, sehingga mempermudah tenan penyewa untuk mendapat izin lingkungan. Selain itu, JIIPE mempunya fasilitas kemudahan langsung izin konstruksi (KLIK)

Kemudian, JIIPE  juga memiliki lahan yang luas. Sebanyak 1.200 hektare  sudah dibebaskan dari total 1.800 hektare. Ini berarti, pabrikan bisa membawa seluruh komponen supply chain mereka ke dalam kawasan ini.

Di sisi lain, dukungan pemerintah dalam menjadikan JIIPE sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dinilai akan memberi keuntungan lebih kepada tenan.” Dengan adanya  Omnibus dan KEK, JIIPE akan mampu bersaing dengan kawasan indstri lainnya,” terang Haryanto, dalam kesempatan yang sama.

Adapun, per kuartal pertama 2021, konstituen Indeks Kompas100 ini telah meraih penjualan lahan seluas 14 hektare.  Jumlah ini meningkat dari realisasi penjualan di periode yang sama tahun lalu yang hanya 9 hektare.

Dengan adanya awal yang baik ini, Haryanto optimistis kuartal pertama 2021 akan menjadi periode dengan pertumbuhan kuartalan tertinggi bagi AKRA.

Baca Juga: Laba AKR Corporindo (AKRA) naik dobel digit pada 2020, simak rekomendasi analis

Tahun lalu, segmen pendapatan dari kawasan industri berhasil membukukan pendapatan yang positif. Mengutip laporan keuangan AKRA, segmen kawasan industri tercatat sebesar Rp 319,4 miliar. Realisasi ini melonjak 21% dari pendapatan segmen kawasan industri di 2019 yang hanya Rp 263,18 miliar. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×