kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pluang Rampung Akuisisi Nilai Inti Sekuritas


Senin, 20 November 2023 / 10:11 WIB
Pluang Rampung Akuisisi Nilai Inti Sekuritas
ILUSTRASI. Merespon antusiasme masyarakat Indonesia dalam berinvestasi, Pluang meluncurkan serangkaian fitur baru dan 500 produk baru Saham AS, sebagai bentuk kesiapan dalam memfasilitasi preferensi investasi masyarakat Indonesia.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grup Pluang telah menuntaskan akuisisi PT Nilai Inti Sekuritas. Aksi korporasi dilakukan sejalan dengan komitmen kedua perusahaan untuk mengembangkan layanan yang memudahkan masyarakat dalam berinvestasi. 

Dengan mengakuisisi sekuritas, Pluang meningkatkan partisipasi dalam mempercepat pertumbuhan investor ritel sekaligus memajukan pasar modal Indonesia. Kolaborasi keduanya diyakini mampu memperluas pangsa pasar dengan berfokus pada segmen generasi muda melek digital (digital savvy), terutama di bawah umur 30 tahun. 

Untuk itu, Pluang dan PT Nilai Inti Sekuritas mengembangkan aplikasi digital yang relevan dengan kebutuhan investor dan memperluas ekosistem melalui kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki basis pengguna yang luas.
 
Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan bahwa jumlah investor ritel di pasar modal terus meningkat hampir mendekati 5 kali lipat, dari angka 2,5 juta investor di 2019 menjadi 11,7 juta investor per September 2023. Menariknya, hampir 60% dari jumlah investor tersebut berusia di bawah 30 tahun. Berdasarkan data tersebut, dominasi investor ritel ini menjadi sinyal positif untuk platform digital dalam menjawab kebutuhan dan antusiasme masyarakat dalam berinvestasi.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Aplikasi Pluang Tembus 10 Juta
 
Claudia Kolonas, Co-Founder Pluang mengatakan, Pluang berkomitmen penuh  mendukung upaya-upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital di Indonesia, khususnya dengan mengajak kalangan muda untuk mempelajari sektor keuangan yang nantinya menjadi investor pasar modal yang melek investasi. 

"Kami menawarkan berbagai diversifikasi kelas aset investasi serta inovasi-inovasi dalam platform digital kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik, aman, dan terpercaya bagi jutaan calon investor yang ada di Indonesia,” kata dia dalam keterangan resminya, Senin (20/11).
 
Dengan hadirnya PT Nilai Inti Sekuritas sebagai bagian dari Grup Pluang, kedua pihak berkomitmen untuk taat dan patuh kepada peraturan perundang-undangan di Indonesia, dan oleh karenanya akan tetap meninjau dan meminta arahan dari regulator terkait prospek penambahan kelas aset saham Indonesia di aplikasi Pluang pada masa mendatang. 

Dengan kolaborasi itu, lebih dari 10 juta pengguna yang terdaftar di aplikasi Pluang diharapkan akan punya pilihan diversifikasi investasi untuk kelas aset saham Indonesia, selain kelas aset reksa dana, emas digital, aset kripto, dan saham Amerika Serikat yang telah ada sebelumnya. Dengan demikian Pluang akan semakin memperkuat posisinya sebagai aplikasi multi-aset yang terlengkap bagi pasar investor ritel di Indonesia.

Baca Juga: Minat Masyarakat Terhadap SBN Kian Meningkat

Jane Tjie, Direktur Utama PT Nilai Inti Sekuritas mengatakan, dengan menjadi bagian dari Pluang, pihaknya bisa  memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dalam mengembangkan solusi berinvestasi yang mudah dan nyaman di pasar modal kepada masyarakat Indonesia. 

"Kombinasi produk pasar modal yang akan ditawarkan di masa depan menjadi semakin melengkapi satu sama lain. Kami berkomitmen untuk mengutamakan keamanan dan perlindungan investor ritel di Indonesia dengan selalu mengedepankan prinsip-prinsip berinvestasi yang baik,” ujar Jane. 
 
Pada tanggal 22 Agustus 2023, PT Nilai Inti Sekuritas telah mengumumkan hasil pengambilalihan seluruh saham Perseroan dari modal ditempatkan dan disetor kepada Grup Pluang. Pemegang Saham Baru telah memperoleh persetujuan-persetujuan yang diperlukan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
 
Didirikan sejak tahun 1999, PT Nilai Inti Sekuritas hadir sebagai perusahaan jasa keuangan yang memfokuskan kegiatannya dalam memberikan pelayanan yang terpadu dan terpercaya bagi para nasabah. Jasa-jasa yang ditawarkan diantaranya berupa Jasa Perantara Pedagang Efek Saham dan Jasa Underwriting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×