Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) perlahan mengalami perbaikan. Sepanjang lima bulan pertama tahun ini, perseroan sudah mencatatkan pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat kendati masih sangat tipis.
Berdasarkan data yang dirilis perseroan, Kamis (16/6), ASII mencetak penjualan mobil sebanyak 223.630 unit hingga akhir Mei 2016. Ini mengalami tumbuh 0,27% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).
Bahkan, secara bulanan penjualan mobil ASII terus mengalami peningkatan. Sejak awal tahun, penjualan perseroan meningkat di atas 2% setiap bulannya. Penjualan Mei saja tercatat sebanyak 49.034 unit atau meningkat 3,6% dibandingkan bulan sebelumnya.
Sementara penjualan mobil secara nasional sepanjang lima bulan pertama tahun ini justru masih tercatat turun 0,6% yoy menjadi 440.484 unit. Sehingga total pangsa pasarnya mobil ASII mencapai 51%.
Khusus di bulan Mei, penjualan mobil nasional tercatat sebanyak 88.528 unit atau naik 4,5% dibanding bulan sebelumnya. Alhasil, pangsa pasar mobil ASII di bulan tersebut hanya 55% turun dari pangsa pasar bulan sebelumnya yang mencapai 56%.
Turunnya pangsa pasar ASII di Mei lantaran penjualan kompetitornya yakni Honda dan Nissan kembali mengalami peningkatan signifikan masing-masing 21,1% menjadi 17.427 unit dan 214% menjadi 1.311 unit setelah bulan sebelumnya mengalami perlambatan.
Secara rinci penjualan ASII selam lima bulan pertama masih ditopang oleh merek Toyota yakni berkontribusi 143.333 atau 64% terhadap total penjualan perseroan. Lalu diikuti oleh Daihatsu yang menyumbang kontribusi 32,5% dan sisanya berasal dari Isuzu, Peugeot dan UD Trucks.
Penjualan Toyota dan Daihatsu konsisten mengalami pertumbuhan dari bulan ke bulan. Sementara tiga merek lainnya masih mengalami fluktuasi sejak awal tahun. Khusus di Mei, penjualan Toyota naik 1,8% dibanding bulan sebelumnya menjadi 31.722 unit dan Daihatsu meningkat 10,6% menjadi 15.928.
Sementara penjualan mobil murah (Low Cost Green Car/LCGC) ASII selam lima bulan pertama tahun ini mengalami peningkatan signifikan hingga 15,5% yoy menjadi 44,162 unit dengan pangsa pasar 63%.
Namun khusus pada Mei penjualan LCGC perseroan hanya tumbuh 0,8% sehingga pangsa pasarnya turun menjadi 66% dari 71% pada bulan April.
Tira Ardianti, Investor Relation ASII mengatakan kenaikan penjualan di bulan Mei terjadi karena belanja meningkat menjelang lebaran. "Ini karena pengaruh menjelang lebaran. Kami beberapa kali dapat order jenis Fortuner dan Innova di kelas Toyota. Ini diminta bisa dapat sebelum Lebaran," jelasnya.
Dengan sokongan pengaruh lebaran dan ditambah dengan kondisi ekonomi yang semakin membaik, Tira berharap target penjualan mobil yang ditetapkan perseroan tahun ini bisa tercapai. Oleh karena itu, ASII hingga saat ini belum berencana melakukan revisi target.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News