kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 -1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Larang Ekspor Bauksit, Intip Rekomendasi Saham ANTM Berikut Ini


Sabtu, 17 Juni 2023 / 11:45 WIB
Pemerintah Larang Ekspor Bauksit, Intip Rekomendasi Saham ANTM Berikut Ini


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penghentian ekspor bauksit dinilai tidak akan berdampak signifikan terhadap kinerja PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).  Sebagaimana diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi telah menutup keran ekspor bijih bauksit per 10 Juni 2023.

Analis MNC Sekuritas Alif Ihsanario menilai, larangan ekspor bauksit tidak akan berdampak banyak terhadap ANTM. Kata Alif, kontribusi bauksit terhadap pendapatan ANTM sangat minim. Estimasi dia, segmen bauksit diproyeksikan hanya memberi kontribusi 1,9% terhadap pendapatan ANTM untuk tahun 2023.

Yang perlu dicermati justru  berasal dari segmen nikel ANTM yang berupa feronikel dan nikel ore, dimana pendapatan pada kuartal pertama 2023 didorong oleh kinerja segmen tersebut terutama nikel ore, yang sejalan dengan ekspansi pabrik pengolahan alias smelter nikel di Indonesia. Manajemen ANTM pun akan berfokus pada segmen nikel.

Dus, Alif memproyeksikan segmen feronikel akan menyumbang 16,7% terhadap revenue ANTM pada tahun 2023. Sementara nikel ore diperkirakan berkontribusi 14,6% terhadap pendapatan ANTM.

Baca Juga: Dividen Aneka Tambang (ANTM) Dinilai Menarik, Cek Rekomendasi Sahamnya

Sementara itu, emas masih akan menjadi kontributor terbesar, yang diproyeksikan Alif berkontribusi 63,2%  terhadap pendapatan ANTM pada 2023. 

Dalam hal ini, ANTM berada dalam posisi price taker, dimana ANTM membeli bahan baku emas juga dengan basis perkembangan harga spot, dan menjual emas dengan memperhitungkan pergerakan perkembangan harga emas pula. Sehingga, tinggi dan rendahnya harga emas tidak terlalu berdampak pada Antam.

“Tentu revenue berpotensi naik, namun secara margin tidak begitu berdampak,” kata Alif kepada Kontan.co.id, Kamis (15/6). 

Alif merekomendasikan beli saham ANTM dengan target harga Rp 2.400

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×