kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasokan AS naik, minyak kembali tertekan


Kamis, 10 September 2015 / 06:35 WIB
Pasokan AS naik, minyak kembali tertekan


Sumber: AFP | Editor: Yudho Winarto

NEW YORK. Harga minyak dunia turun pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena ekspektasi kenaikan lain dalam persediaan AS menambah kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, turun 1,79 dollar AS menjadi berakhir di 44,15 dollar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober, patokan global, ditutup pada 47,58 dollar AS per barel di perdagangan London, turun 1,94 dollar AS dari penutupan Selasa.

Para investor "cemas" tentang data resmi persediaan minyak AS yang akan datang, kata Bob Yawger dari Mizuho Securities.

Departemen Energi (DoE) akan merilis laporan mingguan pada Kamis, lebih lambat sehari dari biasanya karena Senin merupakan libur Hari Buruh.

Laporan ini "akan menjadi salah satu yang sangat penting. Ini datang setelah minggu terakhir, ketika kami memiliki penumpukan penyimpanan besar dan itu pada dasarnya awal dari musim pemeliharaan (kilang)," kata Yawger.

"Pasar mengantisipasi penumpukan cukup baik dan juga Anda akan mendapatkan pengurangan di tingkat utilisasi kilang, meninggalkan banyak minyak mentah di pasar." Para analis memperkirakan persediaan minyak mentah komersial AS naik 250.000 barel dalam minggu yang berakhir 4 September, menurut Bloomberg News.

Pada saat yang sama, DoE memperkirakan dalam sebuah laporan terbaru pada Rabu bahwa produksi minyak mentah AS akan menurun hingga pertengahan tahun depan dalam menanggapi harga minyak yang rendah, sebelum meningkat lagi pada akhir 2016 karena ekspektasi kenaikan dalam harga minyak.

Produksi minyak mentah AS turun 140.000 barel per hari pada Agustus dari Juli. Pemerintah AS menurunkan perkiraan produksinya untuk 2015 menjadi 9,2 juta barel per hari, 100.000 barel lebih rendah dari perkiraannya pada bulan lalu. Meski begitu, total produksi minyak AS tahun ini diperkirakan akan menjadi yang tertinggi sejak 1972.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×