kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merdeka Copper (MDKA) dan Wealthy dirikan perusahaan patungan acid iron metal


Rabu, 17 Februari 2021 / 13:24 WIB
Merdeka Copper (MDKA) dan Wealthy dirikan perusahaan patungan acid iron metal
ILUSTRASI. Merdeka Copper (MDKA) dan Wealthy akan menyetor dana awal total US$ 90 juta.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) mengumumkan joint venture agreement untuk mendirikan perusahaan patungan proyek acid iron metal. Perjanjian ini ditandatangani pada Kamis (11/2) lalu antara Merdeka Copper, Batutua Pelita Investama yang merupakan anak usaha MDKA, Wealthy Source Holding Limited, dan Eternal Tsingshan Group Limited.

Sekretaris Perusahaan Merdeka Copper Gold Adi Adriansyah Sjoekri menyebut, Batutua Pelita Investama akan memiliki 80% kepemilikan saham dan Tsingshan melalui afiliasinya Wealthy akan memiliki 20% saham dalam perusahaan patungan tersebut.

Berdasarkan perjanjian pembentukan perusahaan patungan, para pihak akan membangun proyek acid iron metal di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Morowali, Sulawesi Tengah, untuk memproses bijih pirit dari proyek tembaga Wetar milik MDKA.

“Komitmen pendanaan oleh pemegang saham sebanyak-banyaknya sebesar US$ 90 juta, termasuk di dalamnya setoran modal awal pada perusahaan patungan,” ungkap Adi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Rabu (17/2). Sumber pendanaan untuk proyek acid iron metal berasal dari pemegang saham perusahaan patungan dan pihak ketiga yang akan diusahakan oleh MDKA.

Baca Juga: Sengketa Merdeka Copper (MDKA) dan J Resources (PSAB) ancam kongsi tambang emas Pani

Tidak terdapat pengalihan saham dalam perjanjian ini karena merupakan perusahaan yang baru didirikan dari hasil joint venture. Adapun tujuan pendirian perusahaan patungan ini merupakan bentuk kerja sama MDKA dengan Tsingshan untuk mengembangkan proyek acid iron metal. Proyek acid iron metal diharapkan menjadi aset produksi multi-komoditas yang berumur panjang serta memperluas basis sumber daya tembaga Wetar milik MDKA.

Adapun pendirian perusahaan patungan tersebut jika telah beroperasi akan memberikan potensi tambahan pendapatan dan laba kepada MDKA, sebagai pemilik langsung dan/atau tidak langsung dari perusahaan patungan. Selain itu, pendirian perusahaan patungan ini juga memperluas sumber daya tembaga proyek tembaga Wetar. 

Baca Juga: Produksi Emas Merdeka Copper Terganggu, Simak Rekomendasi Saham MDKA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×