kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Investasi saham Ala Lo Kheng Hong


Rabu, 29 Desember 2021 / 08:09 WIB
Investor Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Investasi saham Ala Lo Kheng Hong
ILUSTRASI. Investor Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Investasi saham Ala Lo Kheng Hong


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak tips investasi saham dari Lo Kheng Hong. Investor pemula perlu belajar cara investasi saham ala Lo Kheng Hong agar bisa menjadi investor besar dan berhasil.

Dunia investasi saham tidak asing dengan sosok Lo Kheng Hong yang dijuluki Warren Buffett Indonesia. Lo Kheng Hong telah malang melintang di dunia investasi dan mengecap asam garam 32 tahun dalam investasi pasar modal, melewati berbagai kondisi ekonomi tanah air. “Berinvestasi itu mudah dan sederhana bagi mereka yang punya tujuan dan sabar,” kata Lo Kheng Hong dalam acara diselenggarakan PT Sinarmas Sekuritas dikutip dalam siaran pers, Senin (27/12/2021).

Sebagai sosok yang menginspirasi banyak anak muda untuk berinvestasi di pasar modal, Lo Kheng Hong tak pernah pelit membagikan tips sukses investasi saham di pasar modal. Tak bosan-bosan Lo Kheng Hong mengingatkan agar investor muda berinvestasi pada sesuatu yang dipahami.

Lo Kheng Hong mengaku mulai investasi saham pada tahun 1989, dan tidak pernah mendapatkan keuntungan selama empat tahun. Saham yang ia beli justru rugi dan belum kembali pada harga yang layak untuk di jual. “Saya melewati masa tight money policy atau kebijakan pengetatan keuangan ketika mulai berinvestasi. Tapi saya tidak putus asa dan akhirnya pada tahun 1992 saya untung,” kenangnya.

Tidak berpuas diri atas keuntungan yang diraih, Lo Kheng Hong melanjutkan investasinya dengan terus memburu saham yang dirasa punya prospek bagus dan harganya masih murah. Prinsip Lo Kheng Hong dalam investasi saham adalah mendapatkan saham berharga murah, tetapi bernilai besar.

Baca Juga: Prediksi Hari IHSG Rabu (29/12) Naik Lagi, Untuk Trading Perhatikan 14 Saham Ini

Adapun beberapa tips sukses investasi saham di pasar modal ala Lo Kheng Hong, yakni:

1. Baca laporan keuangan saham yang ingin dibeli

Tips investasi saham yang pertama ala Lo Kheng Hong adalah membaca laporan keuangan. Menurut Lo Kheng Hong, tidak ada alasan investor atau trader tak membaca laporan keuangan. Sebab kunci untuk memilih emiten itu justru dari laporan keuangan. Investor bisa mulai membaca laporan keuangan dengan meliat dari sudul laba, penjualan, modal, utang yang lancar atau macet.

2. Sabar menanti hasil yang terbaik

Tips investasi saham yang kedua ala Lo Kheng Hong adalah sabar. Tidak ada yang instan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Ini dibuktikan Lo Kheng Hong ketika pertama kali terjun berinvestasi.

Menurut Lo Kheng Hong, kesalahannya adalah dengan tidak sabar dan terburu-buru dalam mendapatkan hasil. “Bukannya untung tapi malah rugi, karena memulainya dengan cara yang salah yakni dengan membeli saham IPO dengan harga murah, lalu menjualnya ketika listing dengan harapan mendapatkan keuntungan. Padahal untuk mendapatkan hasil terbaik, berinvestasi perlu waktu,” ungkap Lo Kheng Hong.

3. Beli saham yang bidang usahanya baik

Tips investasi saham yang ketiga ala Lo Kheng Hong adalah membeli saham dengan bidang usaha baik. Memilih emiten sebenarnya tidak sulit menurut Lo Kheng Hong, investor hanya perlu mencari industri yang dapat bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi.

Ketika sudah menentukan industrinya, maka sortir perusahaannya berdasarjan price to book value (PBV). “Setelah menentukan industrinya, sortir perusahaan yang misalnya masih memiliki price to book value atau PBV kecil tapi asetnya banyak dan utangnya kecil,” ungkap dia.

4. Pilih perusahaan yang untung

Tips investasi saham yang keempat ala Lo Kheng Hong adalah membeli saham dari perusahaan yang selalu untung. Lo Kheng Hong juga mengatakan, dirinya sangat anti membeli perusahaan yang rugi.

Karena dirinya selalu mencari perusahaan yang bisa menjadi mesin uang buatnya. Sehingga ia sama sekali tidak tertarik pada perusahaan yang dari awal telah mengalami kerugian.

5. Track record pimpinan perusahaan yang baik

Tips investasi saham yang kelima ala Lo Kheng Hong adalah melihat rekam jejak pimpinan perusahaan. Setiap menentukan saham yang hendak dibeli, tentunya harus melihat pimpinan perusahaanya, mencakup jajaran direksi dan komisarisnya.

Pastikan posisi tersebut diduduki oleh prang-orang yang berintegritas, jujur dan memiliki reputasi baik. “Selalu cari tahu pimpinan perusahaan itu, seperti direksi dan komisaris. Pastikan bahwa selama berkarier di industri, mereka adalah pribadi yang berintegritas, jujur dan memiliki reputasi yang baik,” jelas dia.

Itulah sejumlah tips investasi saham ala Lo Kheng Hong. Ingat, investasi saham sangat berisiko, pelajari terlebih dahulu risikonya sebelum membeli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Cuan Saham Ala Lo Kheng Hong, Bisa Diterapkan Tahun 2022",


Penulis : Kiki Safitri
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×