kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hasil lelang sukuk capai lebih dari Rp 35 triliun


Selasa, 29 Oktober 2019 / 18:53 WIB
Hasil lelang sukuk capai lebih dari Rp 35 triliun
ILUSTRASI. Aktivitas karyawan yang memantau perdagangan obligasi atau surat utang di dealing room Bank BRI di Jakarta

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat investor pada lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara makin ramai.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Selasa (29/10), total penawaran yang masuk mencapai Rp 35,92 triliun. Sebagai perbandingan total penawaran yang masuk dalam lelang sukuk dua pekan lalu sebesar Rp 29,91 triliun.

Associate Director Fixed Income Anugerah Sekuritas Indonesia Ramdhan Ario Maruto mengatakan ada tiga faktor yang membuat pelaksanaan lelang semakin ramai. Pertama, faktor eksternal yang selama ini menjadi penghambat, yaitu persoalan perang dagang kini mereda.

Baca Juga: Didorong sentimen domestik dan global, investor asing masih melirik SBN

Kedua, Ramdhan menilai kondisi pasar obligasi relatif stabil setelah  pelaku pasar merespon positif kabinet Indonesia Maju. "Tim ekonomi di kabinet II Jokowi mendapat respon positif dari pasar," kata Ramdhan, Selasa (29/10).

Ketiga, penurunan suku bunga memberi kepercayaan tambahan bahwa pertumbuhan ekonomi dapat dijaga di tahun ini. "Dengan begitu, asing melihat pasar obligasi menarik dengan yield yang cenderung lebih tinggi dibanding negara lain," kata Ramdhan.

Terakhir, pelaksanaan lelang yang semakin menipis jelang akhir tahun, juga membuat permintaan investor di pasar primer meningkat. Dalam lelang kali ini, pemerintah menyerap tidak jauh dari target indikatif, sebesar Rp 7,43 triliun.

Baca Juga: Pemerintah akan kembali lelang SUN, analis menilai ada prospek baik



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×