kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Tergelincir Selasa (19/3) Siang, Brent ke US$86,74 dan WTI ke US$82,03


Selasa, 19 Maret 2024 / 15:07 WIB
Harga Minyak Tergelincir Selasa (19/3) Siang, Brent ke US$86,74 dan WTI ke US$82,03
ILUSTRASI. An oil pump of IPC Petroleum France is seen at sunset outside Sommesous, near Reims, France, February 28, 2022.? REUTERS/Pascal Rossignol


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak turun pada hari Selasa (19/3). Tertekan prospek peningkatan pasokan dari Rusia, permintaan hilir yang lebih lambat dari perkiraan di sektor-sektor seperti bahan bakar jet, dan perdagangan yang hati-hati menjelang keputusan The Fed mengenai suku bunga.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei turun 15 sen menjadi US$86,74 per barel pada 0708 GMT.

Sementara harga West Texas Intermediate (WTI) turun 13 sen menjadi US$82,03. Kontrak WTI bulan April, yang akan berakhir besok, turun 13 sen menjadi US$82,59.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Pada Selasa (19/3) Pagi, Dipicu Meningkatnya Risiko Geopolitik

Kedua tolok ukur tersebut mencapai level tertinggi dalam empat bulan pada sesi sebelumnya, didukung oleh penurunan ekspor minyak mentah dari Arab Saudi dan Irak serta tanda-tanda menguatnya permintaan dan pertumbuhan ekonomi di China dan AS.

Mengenai Rusia, kekhawatiran pasokan yang berasal dari peningkatan ekspor menyusul serangan Ukraina terhadap infrastruktur minyak negara tersebut terus menekan harga.

“Serangan kemungkinan akan mengurangi produksi minyak mentah Rusia hingga 300 kbd (ribu barel per hari), selain penutupan pemeliharaan terjadwal... Namun, produksi primer yang lebih rendah akan menyebabkan ekspor minyak mentah lebih tinggi, sehingga membantu Rusia mencapai pengurangan produksi secara bersamaan sambil menjaga ekspor tetap datar,” tulis analis JP Morgan dalam catatan kliennya.

Rusia akan meningkatkan ekspor minyak melalui pelabuhan baratnya pada bulan Maret sebesar hampir 200.000 barel per hari (bpd) dibandingkan rencana bulanan sebesar 2,15 juta barel per hari.

Harga minyak terbebani oleh ketidakpastian tentang bagaimana suku bunga AS akan berjalan dengan baik menjelang pertemuan Fed pada 20 Maret pukul 18.00 GMT.

"Pasar mungkin berada dalam mode konsolidasi menunggu sinyal penurunan suku bunga dari pertemuan FOMC minggu ini," kata pemimpin tim sektor energi Bank DBS Suvro Sarkar melalui email.

"Harga minyak sudah naik cukup banyak selama dua minggu terakhir, dengan mempertimbangkan premi risiko geopolitik yang lebih tinggi setelah serangan terhadap kilang-kilang Rusia ... Mungkin ada aksi ambil untung pada level ini karena kami meragukan pergerakan harga di atas US$85 per barel akan berkelanjutan dalam jangka pendek untuk Brent."

Dari sisi permintaan, para analis sedikit berhati-hati terhadap pertumbuhan permintaan yang berasal dari sektor bahan bakar jet menjelang musim perjalanan musim panas pada kuartal ketiga.

Baca Juga: Harga Minyak Makin Membara di Tengah Risiko Pasokan Meningkat

Harga bahan bakar jet global kemungkinan akan "lebih tinggi sebesar 5,4% dari perkiraan kami sebelumnya menjadi US$111 per barel karena permintaan yang lemah diperkirakan akan memberi jalan bagi puncak perjalanan musim panas dan harga yang lebih kuat", tulis analis BMI dalam catatan kliennya.

“Namun, perlambatan ekonomi global akan mengurangi konsumsi perjalanan udara dan membebani harga bahan bakar jet sehingga membatasi kenaikan harga,” tambah mereka.

Ke depan, para analis tetap optimis terhadap harga minyak dari sudut pandang analisis teknis.

"Pergerakan harga minyak mentah WTI telah berkembang menjadi fase tren naik jangka pendek karena berhasil diperdagangkan di atas kenaikan rata-rata pergerakan 20 hari dalam empat sesi terakhir setelah pengujian ulang rata-rata pergerakan 20 hari pada tanggal 5 Maret. Resistensi menengah berikutnya akan terjadi pada US$84,90 per barel," kata analis pasar senior OANDA, Kelvin Wong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×