kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UPDATE Harga Minyak Dunia Selasa (16/1): Brent ke US$78,92 dan WTI ke US$73,14


Selasa, 16 Januari 2024 / 17:57 WIB
UPDATE Harga Minyak Dunia Selasa (16/1): Brent ke US$78,92 dan WTI ke US$73,14
ILUSTRASI. Harga minyak mentah


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik pada hari Selasa (16/1). Investor mempertimbangkan dampak dari ketegangan di Timur Tengah.

Harga minyak mentah Brent naik 77 sen atau sekitar 0,99% menjadi US$78,92 per barel pada 1014 GMT. Kontrak harga minyak mentah tersebut telah kehilangan 14 sen pada hari Senin (15/1).

Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 46 sen atau 0,63% dari hari Jumat menjadi US$73,14 per barel. Pasar AS ditutup untuk hari libur umum pada hari Senin.

Baca Juga: Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin Keluar dari Rumah Sakit

Meningkatnya konflik di Timur Tengah dan volatilitas harga minyak berjangka, menjadi pusat perhatian perdagangan hari ini.

“Lonjakan singkat yang kami lihat telah menyoroti sensitivitas pasar terhadap peristiwa di sekitar Laut Merah,” kata Craig Erlam dari OANDA.

Gerakan Houthi di Yaman mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan memperluas targetnya di wilayah Laut Merah dengan mencakup kapal-kapal AS dan akan terus melakukan serangan.

Akibatnya semakin banyak kapal tanker minyak yang berusaha menghindari Laut Merah bagian selatan.

Baca Juga: Siapa Itu Houthi di Yaman dan Kenapa Houthi Menyerang Kapal di Laut Merah?

Ketegangan berkobar di tempat lain di kawasan ini. Iran mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah meluncurkan rudal balistik ke sasaran-sasaran di Irak dan Suriah untuk mempertahankan kedaulatannya dan untuk melawan terorisme.

Premi risiko geopolitik pada harga minyak mungkin akan mencapai batas tertingginya kecuali produksi dihentikan, kata para analis.

“Dengan tidak adanya dampak nyata dan nyata terhadap produksi minyak, harga akan tetap berada dalam kisaran US$72-US$82 saat ini,” kata analis PVM Tamas Varga dalam sebuah catatan.

Dari sisi permintaan, perusahaan penyulingan minyak China secara aktif mencari kargo minyak mentah untuk pengiriman bulan Maret dan April.

Baca Juga: Mengapa Disebut Laut Merah? Ini Letak, Kedalaman, dan Warna Air Laut Merah

Tujuannya untuk meningkatkan persediaan guna mengantisipasi permintaan yang lebih tinggi pada paruh kedua tahun ini, mengutip sumber perdagangan mengatakan kepada Reuters.

Ketidakpastian mengenai bagaimana permintaan China dapat berkembang dalam jangka pendek. Setelah bank sentral negara tersebut mempertahankan suku bunga kebijakan jangka menengah (MLF) tidak berubah berkontribusi pada penurunan harga Brent pada hari Senin.

Investor juga menunggu pidato Christopher Waller dari The Fed pada pukul 1600 GMT pada hari ini untuk mendapatkan petunjuk tentang kapan bank sentral mungkin mulai menurunkan suku bunganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×