kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Tertekan Pelemahan Ekonomi China Rabu (31/1), WTI ke US$77


Rabu, 31 Januari 2024 / 19:21 WIB
Harga Minyak Dunia Tertekan Pelemahan Ekonomi China Rabu (31/1), WTI ke US$77
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak turun pada hari Rabu (31/1), tertekan oleh lesunya aktivitas ekonomi importir minyak mentah utama China.

Namun kenaikan bulanan pertama sejak September masih terlihat karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah memicu kekhawatiran pasokan.

Harga minyak mentah Brent untuk bulan Maret, yang berakhir hari ini turun 87 sen atau sekitar 1,1% menjadi US$82 per barel pada pukul 1103 GMT. Sedangkan, harga untuk kontrak April yang lebih aktif diperdagangkan turun 80 sen, atau sekitar 1% menjadi US$81,70.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Berportensi Lanjutkan Tren Kenaikan, Ini Sentimen Pendorongnya

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) kehilangan 82 sen atau sekitar 1,1% menjadi US$77 per barel.

Aktivitas manufaktur di China, negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, mengalami kontraksi selama empat bulan berturut-turut pada bulan Januari, menurut survei pabrik resmi pada hari Rabu.

Tanda terbaru dari perekonomian negara yang sedang berjuang untuk mendapatkan kembali momentumnya terjadi beberapa hari setelah pengadilan memerintahkan likuidasi pengembang properti China Evergrande yang bermasalah. Sektor real estat menyumbang seperempat PDB China.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) termasuk sejumlah organisasi lainnya memperkirakan, pertumbuhan permintaan minyak pada tahun 2024 terutama didorong oleh konsumsi China.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Menguat, Tersulut Ketegangan Geopolitik dan Data Ekonomi

“Data pabrik menegaskan pandangan kami bahwa China, setidaknya untuk saat ini, merupakan penghambat pertumbuhan permintaan minyak global,” kata Tamas Varga dari pialang minyak PVM.

Sementara itu, perang Israel-Hamas telah meluas menjadi konflik laut di Laut Merah antara Amerika Serikat (AS) dan militan Houthi yang bersekutu dengan Iran.

Meskipun hal ini telah mengganggu pengiriman kapal tanker minyak dan gas alam, jajak pendapat Reuters menunjukkan bahwa rekor produksi di negara-negara Barat dan pertumbuhan ekonomi yang lambat akan membatasi harga dan membatasi premi risiko geopolitik. .

“Masalah utama yang menyebabkan harga minyak mentah menjadi bullish adalah gambaran teknisnya yang masih bearish dan belum bisa mengimbangi kejadian terkini,” termasuk serangan drone mematikan terhadap pasukan AS di dekat perbatasan Yordania-Suriah pekan lalu, kata analis pasar IG. Tony Sycamore.

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman pada hari Rabu mengatakan mereka akan terus melakukan serangan terhadap kapal perang AS dan Inggris di Laut Merah sebagai tindakan membela diri. Situasi ini yang memicu kekhawatiran akan gangguan jangka panjang terhadap perdagangan global.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Situasi Timur Tengah Selasa (30/1), WTI ke US$76,93

Sementara itu, serangan Israel di Gaza terus berlanjut, meskipun kelompok militan Palestina Hamas mengatakan, pihaknya sedang mempelajari proposal baru untuk gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×