kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,13   5,82   0.64%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik Sekitar 1% pada Rabu (10/1), WTI ke US$72,96


Rabu, 10 Januari 2024 / 23:34 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Sekitar 1% pada Rabu (10/1), WTI ke US$72,96
ILUSTRASI. Harga minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak naik sekitar 1% pada hari Rabu (10/1), merupakan kenaikan hari kedua. Kekhawatiran suplai Timur Tengah yang muncul dari perang Israel-Hamas dan penutupan ladang minyak utama Libya mengimbangi kenaikan produksi Amerika Serikat (AS) dan kekhawatiran mengenai pertumbuhan ekonomi.

Sebuah laporan dari kelompok industri American Petroleum Institute menambahkan dukungan lebih lanjut terhadap harga minyak.

Menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah yang lebih besar dari perkiraan di konsumen minyak terbesar di dunia, tetapi hal ini diimbangi oleh meningkatnya pasokan produk olahan.

Baca Juga: Serangan Besar Houthi Mengguncang Laut Merah, Kapal Perang AS & Inggris Bereaksi

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent naik 45 sen atau 0,58% menjadi US$78,04 per barel, setelah sebelumnya jatuh serendah US$77,00.

Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 72 sen atau 1% menjadi US$72,96.

"Beberapa minggu pertama perdagangan di tahun kalender baru seringkali menghasilkan pergerakan harga yang berombak seperti ini," kata Ole Hansen dari Saxo Bank.

"Sementara gangguan pasokan masih menjadi ancaman yang belum terealisasi, pasar fisik menunjukkan tanda-tanda pelemahan yang sebenarnya, yang pada dasarnya mengurangi dampak risiko geopolitik," tambahnya.

Baca Juga: Harga Minyak Lanjut Menguat Rabu (10/1) Pagi Setelah Kemarin Melesat 2%

Badan Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya memangkas produksi untuk mendukung pasar dan produksi minyak mentah AS akan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2024.

Wakil Presiden Bank Sentral Eropa Luis de Guindos mengatakan, prospek ekonomi Eropa yang lemah membebani prospek permintaan. Zona euro mungkin berada dalam resesi pada kuartal terakhir dan prospeknya masih lemah.

Sebagai informasi, harga minyak mentah pada hari Selasa (9/1) naik sekitar 2% setelah penurunan pada hari Senin (8/1) lebih dari 3%.

Pada hari Minggu (7/1), National Oil Corporation (NOC) Libya menyatakan keadaan kahar di ladang minyak Sharara, yang dapat memproduksi hingga 300.000 barel per hari.

"Tampaknya pasar dipasok dengan baik pada saat ini yang menjaga harga di dekat posisi terendah baru-baru ini," kata Craig Erlam, analis di broker OANDA.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Naik US$1 Selasa (9/1), Brent ke US$77,08 dan WTI ke US$71,85

"Tidak ada yang kita lihat dalam beberapa minggu terakhir yang mengubah hal itu, itulah sebabnya mengapa pasar berombak tetapi pada akhirnya tidak bergerak terlalu jauh."

Lebih banyak serangan terhadap pengiriman di Laut Merah oleh milisi Houthi Yaman untuk mendukung Palestina pada hari Selasa dan potensi gangguan terhadap aliran tanker minyak di daerah tersebut juga memberikan dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×