kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Situasi Timur Tengah Selasa (30/1), WTI ke US$76,93


Selasa, 30 Januari 2024 / 15:03 WIB
Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Situasi Timur Tengah Selasa (30/1), WTI ke US$76,93
ILUSTRASI. Minyak mentah


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak naik pada hari Selasa (30/1), setelah penurunan lebih dari 1% pada sesi sebelumnya. Meningkatnya ketegangan geopolitik di wilayah produsen utama di Timur Tengah yang memicu kekhawatiran pasokan.

Harga minyak mentah Brent naik 7 sen atau 0,07% menjadi US$82,46 per barel pada 0734 GMT. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 15 sen atau 0,31% menjadi US$76,93 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Anjlok Lebih dari 1% Terseret Kekhawatiran Krisis Properti China

Kedua kontrak minyak tersebut turun lebih dari US$1 pada hari Senin (29/1) karena krisis real estate yang semakin parah memicu kekhawatiran mengenai permintaan dari China, konsumen minyak mentah terbesar di dunia. Setelah pengadilan Hong Kong memerintahkan likuidasi raksasa properti China Evergrande Group.

“Harga minyak yang diperdagangkan di atas US$80 per bbl kembali memperhitungkan sejumlah premi risiko geopolitik karena gejolak terus terjadi di kawasan Timur Tengah. Hal ini bisa memudar dalam waktu satu atau dua minggu jika tidak ada reaksi keras dari AS,” kata tim sektor energi dipimpin Suvro Sarkar dari DBS Bank.

“Jika hal ini memburuk menjadi kebuntuan AS-Iran dan sanksi yang lebih ketat, maka kami memperkirakan harga minyak akan bertahan pada kisaran US$80-100 per bbl untuk beberapa waktu,” tambahnya.

Washington berjanji akan mengambil “semua tindakan yang diperlukan” untuk membela pasukannya menyusul serangan pesawat tak berawak di Yordania yang dilakukan oleh militan yang didukung Iran sehingga membuat pasar gelisah.

Baca Juga: Harga Minyak Turun Karena Kekhawatiran Krisis Properti China

“Jika ketegangan AS-Iran meningkat, terutama melalui konfrontasi langsung, risiko pasokan minyak Iran akan terkena dampak buruk akan meningkat. Ekspor minyak Iran kemungkinan besar paling rentan karena kemungkinan penerapan sanksi yang lebih besar,” kata analis Commonwealth Bank of Australia Vivek Dhar dalam sebuah pernyataan. sebuah catatan.

Dhar menambahkan, Iran mengekspor 1,2-1,6 juta barel minyak mentah per hari sepanjang tahun 2023, mewakili 1-1,5% pasokan minyak global.

Namun, yang membatasi kenaikan adalah kekhawatiran terhadap prospek ekonomi China dan potensi dampak dari perintah likuidasi Evergrande.

Perintah likuidasi tersebut mungkin "memicu dampak negatif" pada pasar saham dan properti, yang pada gilirannya dapat memperdalam risiko deflasi di China. “Sehingga mengurangi prospek permintaan minyak,” kata analis pasar senior OANDA, Kelvin Wong.

Di sisi pasokan, meskipun pertemuan OPEC+ pada 1 Februari kemungkinan tidak akan menghasilkan keputusan mengenai kebijakan minyak kelompok tersebut untuk bulan April, para analis berharap pertemuan tersebut masih dapat memberikan sedikit petunjuk mengenai rencana produksi.

Baca Juga: Harga Minyak Berpotensi Lanjutkan Tren Kenaikan, Intip Sentimen Pendukungnya

Perusahaan minyak negara produsen terbesar dunia, Arab Saudi, sebagai indikasi prospek permintaan di masa depan mengatakan, pihaknya telah menerima arahan dari kementerian energi untuk mempertahankan kapasitas maksimum berkelanjutan pada 12 juta barel per hari, dan tidak terus meningkatkannya menjadi 13 juta barel per hari.

“Kita perlu melihat lebih banyak faktor fundamental untuk menstimulasi harga minyak, jika tidak, minyak mentah WTI mungkin berada di bawah tekanan (turun) pada US$80,” kata analis CMC Markets yang berbasis di Shanghai, Leon Li.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×