kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,37   -3,13   -0.34%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Tergelincir Senin (5/2): Brent ke US$76,68 dan WTI ke US$71,52


Senin, 05 Februari 2024 / 20:04 WIB
Harga Minyak Dunia Tergelincir Senin (5/2): Brent ke US$76,68 dan WTI ke US$71,52
ILUSTRASI. Harga minyak mentah


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak kembali tergelincir pada hari Senin (5/2). Laporan pekerjaan Amerika Serikat (AS) yang kuat membatasi penurunan tajam pada minggu lalu sehingga mengurangi harapan penurunan cepat suku bunga.

Meskipun AS berjanji untuk melanjutkan serangan udara di Timur Tengah yang telah membuat ketegangan geopolitik tetap tinggi.

Harga minyak mentah Brent turun 65 sen atau 0,8% menjadi US$76,68 per barel pada pukul 11.05 GMT. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berada di US$71,52 per barel, turun 76 sen atau 1%.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Tipis Karena AS Berencana Menambah Serangan di Timur Tengah

Kedua benchmark tersebut berakhir pekan lalu dengan penurunan sekitar 7% setelah data pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan menunjukkan penurunan suku bunga bisa lebih jauh dari perkiraan.

Laporan besar tersebut menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja meningkat pada bulan Januari dan kenaikan upah terbesar dalam hampir dua tahun terakhir.

Ini merupakan tanda-tanda yang dapat mempersulit penurunan suku bunga oleh The Fed yang diperkirakan pasar keuangan akan dimulai pada bulan Mei.

Data tersebut "mendorong jadwal siklus pemotongan The Fed yang sangat dinanti-nantikan ke kuartal kedua", kata Jeff Schulze, head of economic and market strategy di ClearBridge Investments.

Sementara itu, kemajuan dalam perundingan gencatan senjata antara Israel dan Hamas tampak sulit dicapai, yang mengindikasikan ketegangan di wilayah penghasil minyak tersebut akan terus berlanjut.

Baca Juga: Harga Minyak Turun 7% Sepekan, Ini Sebabnya

“Harapan akan gencatan senjata antara Israel dan Hamas mendorong kelemahan ini,” kata analis ING dalam sebuah catatan.

Namun, untuk saat ini, gencatan senjata tampaknya belum akan terjadi dalam waktu dekat.

Investor tetap mewaspadai eskalasi konflik Timur Tengah, setelah AS mengisyaratkan serangan lebih lanjut terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran di Timur Tengah sebagai tanggapan atas serangan mematikan terhadap pasukan AS di Yordania.

AS juga melanjutkan kampanyenya melawan Houthi di Yaman yang serangannya terhadap kapal pengapalan telah mengganggu rute perdagangan minyak global, meskipun sebagian besar pasokan tidak terpengaruh.

“Pasar minyak kemungkinan akan merespons dengan terus mengurangi risiko gangguan pasokan di Timur Tengah,” kata analis komoditas Commonwealth Bank, Vivek Dhar, dalam sebuah catatan, seraya menambahkan bahwa kemungkinan akan menjaga harga minyak Brent berjangka di bawah $80 per barel.

Baca Juga: Naik Setelah OPEC+ Memangkas Produksi, Harga Minyak Masih Turun Secara Mingguan

Di Rusia, dua drone Ukraina menyerang kilang minyak terbesar di selatan negara itu pada hari Sabtu, kata sebuah sumber di Kyiv kepada Reuters.

Lukoil, pemilik kilang Volgograd berkapasitas 300.000 barel per hari, kemudian mengatakan pabrik tersebut berfungsi seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×